Beranda > PTK > PTK SKI MI

PTK SKI MI

Mei 2, 2009

ADA DUA PTK SKI

  1. Penggunaan Methode Artikulasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dalam Mata Pelajaran SKI Di Madrasah Ibtidiyah ……………..
  2. Implementasi Metode Sosio Drama Dan Bermain Peranan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas ………… Tahun Pelajaran….

HUBUNGI BAGIAN PEMASARAN

+6285790351119

PTK SKI  : 1
PENGGUNAAN METHODE ARTIKULASI

UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA

DALAM MATA PELAJARAN SKI

DI MADRASAH IBTIDIYAH ……………..

KARYA ILMIAH

OLEH:

……………………

MADRASAH IBTIDAIYAH …………………

DEPARTEMEN AGAMA RI

2009

LEMBAR   PENGESAHAN

Laporan penelitian ini telah disetujui dan disayhkan  untuk melengkapi  perpustakan  Sekolah Madrasah Ibtidaiyah  dan dpat diajukan sebagai salah satu  karya Ilmiyah untuk pengajuan Lomba Guru Madrasah Berprestasi dan Guru PAI Berprestasi Tahun 2009.

Kepala Sekolah

……………………….

………………………………………..

Madiun,     Maret 2009

Penulis

…………………………….

KATA  PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah swt, karena limpahan nikmat dna hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan penyusunan karya ilmiah ini  dengan  judul “Penggunaan Methode Artikulasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dalam Mata Pelajaran SKI Di Madrasah Ibtidiyah ………………………. Madiun”, penulisan karya ilmiah in kami susun  untuk dipakai  sebagai prasyarat mengikuti Lomba Guru Madrasah Berprestasi dan Guru PAI Berprestasi Tahun 2009.

Dalam penyusunan karya  ilmiah ini penulis banyak  mendapat bantuan dari  berbagai pihak. Untuk itu terima kasih   kami ucapkan  dengna tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Bapak Kepala Sekolah ………………………. yang telah memberi waktu dan kesempatan untuk mengadakan penelitian ini.
  2. Rekan-rekan Guru yang telah mebantu selama dalam proses tindakan kelas dan penyusunan laporan penelitian.
  3. Semua pihak yan telah  banyak membantu  sehingga  penyusunan karya ilmiah ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulsian karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

Kata Kunci: Pengetahun Sosial, Pembelajaran Model Artikulasi

Proses pembelajaran memiliki keunikan tersendiri. Siswa yang  menjadi  bagian dari system pembelajaran tidak hanya berperan sebagai byek pendidikan, melainkan berperan juga sebagai subyek pendidikan. Perlakuan terhadap siswa ini yan gmenajdikan mereka bisa lebih mandiri dalam belajar, lebih aktif dan lebih punya kreatifitas alam mengembangkan materi yang telah disampaikan guru. Hal ini mendorng terciptanya methodelogi pembelajaran secara artikulasi, guna memberikan ruang yang cukup untuk perkembangan kemampuan dan kreatifitas siswa.

Permasalah yang ingin dikaji dalam  penelitian tindakan ini adalah : (a) Apakah pembelajaran methode artikulasi berpegnaruh terhadap hasil belsjar siswa dalam mata pelajaran SKI? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi peljaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan  diterapkannya methode Artikulasi  pada siswa?

Sedangkan tujuan  dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran methode artikulasi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI. (b) Ingin mengetahui seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan  diterapkannya methode Artikulasi  pada siswa.

Penelitian in menggunakan  penelitian tindakan kelas (actin Classroom research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat ahap yaitu: Rancangan kegiatan dan pegnamatan refleksi, dan revisi. Sasaran penelitan  ini adlaah siswa kelas V ……………………….. Data yang diperoleh  berupa hasil tes fomatif, lembar observasi kegiatan  belajar mengajar. Dari hasil  analisis didapatkan  bahwa prestasi  belajar siswa  mengalamai  peningkatan  dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu siklus 1 (62.5 %), siklus 2 (70.83%) dan siklus 3 (87.5%).

Simpulan dari penelitian ini adalah  pembelajaran  model artikulasi  dapat berpengaruh  positif terhadap  motivasi belajar siswa.

DAFTAR ISI

Halaman Judul…………………………………………………………………………………………….. i

Halaman Pengesahan……………………………………………………………………………………. ii

Kata Pengantar………………………………………………………………………………………….. iii

Abstrak……………………………………………………………………………………………………. iv

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………… v

BAB        I……. PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah…………………………………………………… 1
  2. Rumusan Masalah……………………………………………………………. 3
  3. Pemecahan Masalah………………………………………………………… 3
  4. Tujuan Penelitian……………………………………………………………… 4
  5. Manfaat Penelitian…………………………………………………………… 4
  6. Batasan Masalah…………………………………………………………….. 4

BAB        II…… KAJIAN PUSTAKA

  1. Belajar Dan Methodelogi Pembelajaran……………………………….. 5
  2. Methode Artikulasi………………………………………………………….. 9
  3. Kreatifitas…………………………………………………………………….. 11
  4. Motivasi………………………………………………………………………. 13

BAB        III….. METHODELOGI  PENELITIAN

  1. Bentuk Penelitian Tindakan……………………………………………… 15
  2. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian……………………………… 16
  3. Rancangan Penelitian……………………………………………………… 17
  4. Instrumen Penelitian……………………………………………………….. 18
  5. Methode Pengumpulan  Data…………………………………………… 22
  6. Teknik Analisis Data………………………………………………………. 22

BAB        IV….. HASIL  PENELITIAN  DAN PEBAHASAN

  1. Analisis Item Butir Soal…………………………………………………… 24
  2. Analisis Data Peneltian  Persiklus……………………………………… 26
  3. Pembahasan…………………………………………………………………. 37

BAB        V…… PENUTUP

  1. Kesimpulan………………………………………………………………….. 39
  2. Saran………………………………………………………………………….. 39

DAFTAR PUSTAKA

BAB  I

PENDAHULUAN

  1. A. Latar Belakang Masalah

Proses belajar mengajar adalah sebuah proses transformasi ilmu yang dilakukan secara sistematis dan terencana. Adakalanya dalam proses  ini mengalami banyak kendala seiring dengan tujuan yang ingin dicapai. Standart keberhasilan dari sebuah proses belajar tentu saja banyak dipengaruhi oleh banyak factor. Ada beberapa factor yang ada dan wajib ada dalam sebuah proses belajar mengajar. Diantaranya adalah pengajar (SDM) system dan obyek pembelajaran. Dalam hal ini obyek pembelajaran bisa dikatakan sebagai anak didik. Hal ini tentu saja tidak semua pihak dan para pakar setuju menganggap anak didik sebagai obyek pembelajaran saja. Karena pada dasarnya Belajar merupakan proses membangun pemahaman/pemaknaan terhadap informasi dan atau pengalaman siswa.

……………………………………………………

……………………………………………………

……………………………………………………

……………………………………………………

……………………………………………………

……………………………………………………

TO BE CONTINUED

HUBUNGI BAGIAN PEMASARAN

+6285790351119

About these ads
Kategori:PTK Tag:
  1. Juni 16, 2009 pukul 9:01 am

    bagaimana jika dikirim ke gmail aku lalu uangnya saya transfer. ok

  2. Mei 2, 2009 pukul 5:53 pm

    harganya berapa?

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.