Beranda > PTK > PTK Akidah Aklak

PTK Akidah Aklak

April 3, 2010

Mata Pelajaran Akidah Akhlak mengandung sebagian besar materi yang bersifat abstrak (tidak nyata), sehingga siswa memerlukan daya konsentrasi yang kuat dan daya imajinasi yang bagus agar dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik.

Pada usia anak MI, daya emosi anak sering sekali tidak stabil. Mereka akan mudah kehilangan konsentrasi terhadap suatu materi, akibat dari gangguan internal atau eksternal dari mereka. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat untuk mengajarkan materi Akidah Akhlak kepada siswa usia sekolah dasar ( SD/ MI ), sehingga mereka mudah dalam menerima pelajaran yang lebih cenderung bersifat abstrak ini.

Ini contoh PTK Akidah Aklak, untuk mendapatkan file yang lebih lengkap,

silahkan hubungi bagian pemasaran call / sms ke +6285790351119


PENERAPAN METODE PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR  AQIDAH AKHLAK MATERI ASMA’UL HUSNA PADA SISWA KELAS V MI …………

TAHUN PELAJARAN 2007/2008


KARYA ILMIAH

OLEH

………………

NIP: ……………..

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN …………..

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul ………………………………………………………………………………………          i

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………. ii

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………….. iii

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………. iv

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………… v

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah …………………………………………………… 1
  2. Rumusan Masalah  ……………………………………………………………. 4
  3. Tujuan Penelitian ………………………………………………………………. 4
  4. Asumsi Penelitian ……………………………………………………………… 5

BAB      II       KERANGKA TEORI

  1. Definisi Pembelajaran ………………………………………………………… 6
  2. Penguasaan Lafadz-lafadz Baru……………………………………………. 7
  3. Pengajaran Melalui Metode Permainan………………………………….. 9
  4. Model Permainan dalam Pembelajaran Asma’ul Husna…………… 10

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tempat Waktu dan Subjek Penelitian………………………………….. 14
  2. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………. 14
  3. Instrumen Penelitian  ……………………………………………………      17
  4. Metode Pengumpulan Data ………………………………………………. 20
  5. Teknik Analisa Data ………………………………………………………… 20

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisa Item Butir Soal  …………………………………………………… 22
  2. Analisa Data Penelitian Persiklus………………………..       24
  3. Pembahasan………………………………………………     33

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan …………………………………………………………………… 35
  2. Saran-saran …………………………………………………………………… 36

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “PENERAPAN METODE PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR  AQIDAH AKHLAK MATERI ASMA’UL HUSNA PADA SISWA KELAS V MI………. TAHUN PELAJARAN 2007/2008”. Penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala MI ………………
  2. Yth. Rekan-rekan Guru MI …………..
  3. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

………………………., 2008. Penerapan Metode Permainan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Materi Asma’ul Husna Pada Siswa Kelas V MI………. Tahun Pelajaran 2007/2008

Kata Kunci: Penerapan Metode Permainan

Mata Pelajaran Akidah Akhlak mengandung sebagian besar materi yang bersifat abstrak (tidak nyata), sehingga siswa memerlukan daya konsentrasi yang kuat dan daya imajinasi yang bagus agar dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik.

Pada usia anak MI, daya emosi anak sering sekali tidak stabil. Mereka akan mudah kehilangan konsentrasi terhadap suatu materi, akibat dari gangguan internal atau eksternal dari mereka. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat untuk mengajarkan materi Akidah Akhlak kepada siswa usia sekolah dasar ( SD/ MI ), sehingga mereka mudah dalam menerima pelajaran yang lebih cenderung bersifat abstrak ini.

Penerapan cara belajar aktif model permainan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak ini mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan model belajar aktif sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk memperoleh deskripsi tentang tingkat penguasaan Materi Asma’ul Husna Siswa Kelas V MI……….. Tahun Pelajaran 2007/2008 melalui cara belajar aktif model permainan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan cara belajar aktif model permainan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak ini bisa meningkatkan penguasaan (hafalan) Asma’ul Husna serta pemahaman makna yang terkandung di dalamnya, karena siswa akhirnya familiar dengan Lafadz-lafadz yang sering dipakai, juga familiar dengan berbagai pertanyaan yang sering didengar dan dilontarkan oleh siswa lain maupun guru.

About these ads
Kategori:PTK Tag:
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.