Beranda > PTK > PTK Bahasa Arab

PTK Bahasa Arab

April 3, 2010

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.

Untuk mendapatkan File Utuh PTK Bahasa Arab Ini, anda bisa menghubungi bagian pemasaran sms/ call +6285790351119

PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BERLATIH BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA SISWA……………………………

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

…….

NIP: ….

PEMERINTAHAN …………….

DINAS PENDIDIKAN………………….

2005

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Berlatih Berbicara Dengan Menggunakan Bahasa Arab Pada Siswa……………………………”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ………………………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kabupaten ……………………………
  3. Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………………………….
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

………………….. 2004. Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Berlatih Berbicara Dengan Menggunakan Bahasa Arab Pada Siswa……………………………

Kata kunci: belajar bahasa Arab, metode ceramah, kerja kelompok

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah metode muhadasah berpengaruh terhadap kemampuan berbicara menggunakan Bahasa Arab ? (b) Bagaimanakah pengaruh metode muhadasah terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa?

Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh metode muhadasah terhadap kemampuan berbicara menggunakan Bahasa Arab . (b) Untuk mengungkap metode muhadasah terhadap motivasi belajar Bahasa Arab .

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ……….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (78,57%), siklus III (90,47%).

Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa ………………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran bahasa Arab.

About these ads
Kategori:PTK Tag:
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.