Beranda > PTK > PTK Fiqih

PTK Fiqih

April 3, 2010

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Anda bisa mendapatkan file utuh PTK Fiqih dengan menghubungi bagian pemasaran kami di +6285790351119 via sms/call

UPAYA MENINGKATKAN PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS ……….. KECAMATAN …………. KABUPATEN ……….. TAHUN PELAJARAN 20XX/20XX

KARYA ILMIAH

OLEH

………………

NIP: ……………..

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN …………..

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang tidak dipublikasikan tetapi didokumentasikan di perpustakaan ….. …………  Kecamatan ………… Kabupaten …………  hasil karya dari:

Nama               : ………….

NIP                  : ………….

Judul                :  Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas ……….. Kecamatan …………. Kabupaten ……….. Tahun Pelajaran 20xx/20xx”

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan mendapatkan Penetapan Angka Kredit Kenaikan Pangkat dalam jabatan fungsional guru.

Mengetahui

Ketua PD PGRI II                                             Kepala Sekolah

……………. ……………………

NPA: 1………………….                                                 NIP: …………………..

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi penetapan angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru. Karya ilmiah ini tidak dipublikasikan tetapi telah disetujui dan disahkan untuk didokumentasikan di perpustakaan ….. …………  Kecamatan ………… Kabupaten …………

Pustakawan                                                              Kepala

………………………….                                                  …………………..

NIP: ……………..                                        NIP: ……………

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas ……….. Kecamatan …………. Kabupaten ……….. Tahun Pelajaran 20xx/20xx”penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten …………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kabupaten …………
  3. Yth. Rekan-rekan Guru ….. …………
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

………., 2008.Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas ……….. Kecamatan …………. Kabupaten ……….. Tahun Pelajaran 20xx/20xx”.

Kata Kunci: bahasa, metode demonstrasi

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran diskusi? (b) Bagaimanakah pengaruh metode metode pembelajaran diskusi terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran diskusi. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode metode pembelajaran diskusi.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas Kelas …………  Kecamatan ………… Kabupaten ………… Tahun Pelajaran 20xx/20xx. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas………… Kecamatan ………… Kabupaten ………… Tahun Pelajaran 20xx/20xx serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa Indonesia.

DAFTAR ISI

Halaman

Lembar Pengesahan ……………………………………………………………………………………… i

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………… ii

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………. iv

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………… vi

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah …………………………………………………… 1
  2. Perumusan Masalah…………………………………………………………… 2
  3. Tujuan Penelitian ………………………………………………………………. 2
  4. Manfaat Penelitian ……………………………………………………………. 3
  5. Batasan Masalah ……………………………………………………………… 3

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian Pembelajaran…………………………………………………….. 4

B. . Metode Diskusi………………………………………………………………… 9

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………. 14
  2. Rancangan Penelitian  ……………………………………………………… 15
  3. Instrumen Penelitian ………………………………………………………… 17
  4. Metode Pengumpulan Data  ……………………………………………… 18
  5. Teknik Analisis Data ……………………………………………………….. 18

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisis Data Penelitian Persiklus  ………………………………………. 20
  2. Pembahasan ………………………………………………………………      27

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan …………………………………………………………………… 29
  2. Saran …………………………………………………………………………… 29

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………….. 31

About these ads
Kategori:PTK Tag:
  1. pemudapemikir
    Mei 13, 2010 pukul 12:15 pm

    terimakasih… salam kenal juga

  2. pemudapemikir
    Mei 13, 2010 pukul 12:15 pm

    hbungi aja bagian pemasaran sms/call.

  3. Mei 12, 2010 pukul 1:11 pm

    Assalamu alaikum!
    salam kenal mas!
    semoga sukses selalu 0_0

  4. sonya
    Mei 11, 2010 pukul 8:26 am

    kasih dong isinya

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.