Beranda > PTK > PTK Bahasa Arab

PTK Bahasa Arab

April 5, 2010

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.


Untuk mendapatkan file utuh silahkan hubungi SMS/Call ke bagian pemasaran +6285790351119

PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BERLATIH BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA SISWA……………………………

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

…….

NIP: ….

PEMERINTAHAN …………….

DINAS PENDIDIKAN………………….

2005

LEMBAR PENGESAHAN

1.   Judul                            :  Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Berlatih Berbicara Dengan Menggunakan Bahasa Arab Pada Siswa……………………………

2.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :  …

NIP                              :  …

Gol/Ruang                    :  …

Jabatan                         :  …

Unit Kerja                    :  …

3.   Lokasi Penelitian           :  …

4.   Lama Penelitian            :  ..

5.   Biaya Penelitian            :  …

Petugas Pustaka

……..

NIP : ….

Peneliti

….

NIP: ….

Mengetahui

Kepala …

….

…..

NIP: ….

Karya Tulis Ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang berjudul “Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Berlatih Berbicara Dengan Menggunakan Bahasa Arab Pada Siswa……………………………  ini telah disetujui dan disahkan untuk diajukan sebagai bahan penilaian kenaikan pangkat.

Ketua PGRI

Kabupaten …

……

NPA. ….


Karya Tulis Ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang berjudul “Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Berlatih Berbicara Dengan Menggunakan Bahasa Arab Pada Siswa…………………………… ini telah disetujui dan disahkan untuk diajukan sebagai bahan penilaian kenaikan pangkat.

Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten …

……

NPA. ….

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Berlatih Berbicara Dengan Menggunakan Bahasa Arab Pada Siswa……………………………”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ………………………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kabupaten ……………………………
  3. Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………………………….
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

………………….. 2004. Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Berlatih Berbicara Dengan Menggunakan Bahasa Arab Pada Siswa……………………………

Kata kunci: belajar bahasa Arab, metode ceramah, kerja kelompok

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah metode muhadasah berpengaruh terhadap kemampuan berbicara menggunakan Bahasa Arab ? (b) Bagaimanakah pengaruh metode muhadasah terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa?

Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh metode muhadasah terhadap kemampuan berbicara menggunakan Bahasa Arab . (b) Untuk mengungkap metode muhadasah terhadap motivasi belajar Bahasa Arab .

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ……….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (78,57%), siklus III (90,47%).

Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa ………………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran bahasa Arab.

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul ………………………………………………………………………………………………

Lembar Pengesahan ……………………………………………………………………………………….

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………..

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………..

Daftar Lampiran ……………………………………………………………………………………………

BAB  I       PENDAHULUAN ………………………………………………………………………..

  1. Latar Belakang Masalah ……………………………………………………………
  2. Rumusan Masalah …………………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian ………………………………………………………………………
  4. Manfaat Penelitian ……………………………………………………………………
  5. Definisi Operasional Variabel ……………………………………………..
  6. Batasan Masalah ……………………………………………………………..

BAB  II      KAJIAN PUSTAKA …………………………………………………………….

  1. Tinjauan Tentang Prestasi Belajar…………………………………………
  2. Motivasi Belajar……………………………………………………………….
  3. Motivasi Belajar Remaja…………………………………………………….
  4. Prinsip Motivasi………………………………………………………………..
  5. Teknik Memotifasi Berdasarkan Teori Kebutuhan…………………………………..
  6. Metode Bercakap – Cakap (Muhadasah)……………………………..
  7. Tujuan Pengajaran Muhadasah……………………………………………
  8. Metode Mengajar Muhadasah…………………………………………….

BAB  III     METODOLOGI PENELITIAN ……………………………………………..

  1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
  2. Rancangan Penelitian ………………………………………………………..
  3. Alat Pengumpul Data ………………………………………………………..
  4. Analisis Data …………………………………………………………………..

BAB  IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………………………….

  1. Hubungan Pembelajaran Dengan Metode  muhadasah   Dengan

Motivasi Belajar berbicara Menggunakan Bahasa Arab …………..

  1. Pembahasan ……………………………………………………………………

BAB  V      SIMPULAN DAN SARAN …………………………………………………..

  1. Simpulan ………………………………………………………………………..
  2. Saran …………………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………


Untuk mendapatkan file utuh silahkan hubungi SMS/Call ke bagian pemasaran +6285790351119

About these ads
Kategori:PTK Tag:
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.