Beranda > PTK > PTK Matematika

PTK Matematika

April 13, 2010

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar.
Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa?


Jika anda menginginkan File Utuh dari PTK ini, anda bisa hubungi pemasaran kami di +6285790351119 via sms/call

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA

KELAS ………………………… TAHUN 2004/2005

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

…………………

NIP: ……………………………..

DINAS PENDIDIKAN ……………

……………………………………

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatan Guru pada Golongan IVa ke IVb.

Kepala Sekolah                                                         …………………………

…………………….                                                 Penulis

…………………… …………………………………..

NIP:  ……………………                                                           NIP: ……………

Mengetahui                                                                       Mengetahui

Pustakawan ……………..                                            Kepala Cab. Din. Pendidikan

Kecamatan ………….                                                       Kecamatan ……..

……………………. ………………

NIP: ………………….

Mengetahui                                                                        Mengetahui

Kepala Dinas Pendidikan                                                         Ketua PD II PGRI

Kota ………………..                                                                    Kota ……….

………………….. ……………………..

Pembina Utama Muda                                                          NPA: ………………

NIP: ………………

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas ………………………………. Tahun 2004/2005”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan ………………………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI …………………………
  3. Yth. Rekan-rekan Guru ………………………………………
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

…………………., 2004. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas ……………………… Tahun Pelajaran 2004/2005

Kata Kunci: belajar matematika, metode kooperatif model jigsaw

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar.

Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas …………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (76,19%), siklus III (85,71%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa …………………….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul ………………………………………………………………………………………

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………..

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………..

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………..

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah ……………………………………………………..
  2. Rumusan Masalah ……………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian …………………………………………………………………
  4. Kegunaan Penelitian  ……………………………………………………………
  5. Definisi Operasional Variabel ………………………………………………..
  6. Batasan Masalah ………………………………………………………………..

BAB      II       KAJIAN PUSTAKA

  1. Definisi Pembelajaran  ………………………………………………………….
  2. Pembelajaran Kooperatif   ……………………………………………………
  3. Keterampilan-Keterampilan Kooperatif  ………………………………….
  4. Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw  ……………………..

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian …………………………………..
  2. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………….
  3. Instrumen Penelitian  ……………………………………………………
  4. Metode Pengumpulan Data …………………………………………………..
  5. Teknik Analisis Data   ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisis Item Butir Soal  ……………………………………………………….
  2. Analisi Data Penelitian Persiklus  ……………………………………………
  3. Pembahasan ………………………………………………………………………

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ……………………………………………………………………….
  2. Saran ……………………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………………

JUDUL-JUDUL LAIN PTK MATEMATIKA DIBAWAH INI:

1.

Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Lewat Metode Belajar Aktif Model Memberikan Pertanyaan Dan Mendapatkan Jawaban Pada Siswa Kelas ……… Tahun Pelajaran 2004/2005

2.

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model  Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi  Belajar Matematika Pada Siswa Kelas …………………………………………..Tahun Pelajaran 2005/2006

About these ads
Kategori:PTK Tag:
  1. pemudapemikir
    April 28, 2010 pukul 9:29 am

    anda hubungi aja bagian pemasaran pak, sms bisa, nanti bisa dibantu insyaAllah.

  2. ZAZAN
    April 27, 2010 pukul 10:59 pm

    mas, bisa memberikan judul PTK lebih banyak lagi, guna memenuhi tugas guru
    Terimakasih

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.