Beranda > Pendidikan, tulisan lepas > Pembelajran Tematis

Pembelajran Tematis

Mei 4, 2010

Merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diajarkan secara terpadu untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa.
Strategi Pembelaajran Tematis antara lain:
1. Pembelajaran
2. Aktif,
3. Kreatif,
4. Efektif,
5. Menyenangkan

Ciri-ciri pembelajaran Tematis antara lain:

  • Berpusat pada siswa
  • Memberikan pengalaman langsung
  • Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
  • Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran
  • Bersifat fleksibel
  • Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat, dan kebutuhan anak

Kekuatan Pembelajaran Tematis :

  1. Pengalaman dan kegiatan belajar yang relavan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak
  2. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan anak
  3. Hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir anak sesuai dengan permasalahan yang dihadapi
  5. Menumbuhkan keterampilan sosial dalam bekerjasama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain
Peran Tema :

1.Siswa mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu
2.Siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama
3.Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan
4.Kompetensi berbahasa bisa dikembangkan lebih baik dengan mengaitkan mata pelajaran dan pengalaman pribadi anak
5.Anak lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas
6.Anak lebih bergairah belajar
7.Guru dapat menghemat waktu
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Pemeblaajran Tematis :

1.Pembelajaran tematis dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih bermakna dan utuh
2.Dalam melaksanakan pembelajaran tematis perlu mempertimbangkan antara lain alokasi waktu setiap tema, memperhitungkan banyak dan sedikitnya bahan yang ada di lingkungan
3.Pilihlah tema yang terdekat dengan siswa
4.Lebih mengutamakan Kompetensi Dasar yang akan dicapai daripada tema
Langkah-langkah Pembelaaran Tematis :

1.Pelajari Kompetensi Dasar pada kelas dan semester yang sama dari setiap mata pelajaran
2.Pilihlah tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelas dan semester.
3.Buatlah “Matriks Hubungan Kompetensi Dasar dengan Tema”
4.Buatlah pemetaan pembelajaran tematis
5.Susunlah silabus berdasarkan matriks/jaringan topik pembelajaran
About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.