Beranda > PTK > PTK GEOGRAFI

PTK GEOGRAFI

Mei 15, 2010

UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI PEMASARAN 082143654619   atau +6285790351119


MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Geografi MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER  

PADA SISWA KELAS ……………………..

………………………………………

TAHUN 2004/2005

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

……………………………….

NIP: ………………………………………

DINAS PENDIDIKAN KOTA ………………….

…………………………………….

ABSTRAK 

……………….., 2001. Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas ………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005

Kata Kunci: pembelajaran ips, kooperatif model Numbered Head Together

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsru pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar Geografi? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Geografi dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap hasil belajar Geografi. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Geografi setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas …………………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Geografi.

DAFTAR ISI 

Halaman

Halaman Judul ………………………………………………………………………………………

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………..

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………..

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………..

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah ………………………………………………………
  2. Perumusan Masalah……………………………………………………………..
  3. Tujuan Penelitian …………………………………………………………………
  4. Manfaat Penelitian ……………………………………………………………….
  5. Definisi Operasional Variabel ………………………………………..
  6. Batasan Masalah …………………………………………………………………

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Hasil Belajar Geografi ………………………………………………………….

B. . Pengajaran Kooperatif  ………………………………………………………..

C. Metode STAD (Student Team Achievement Division) ……………….

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Bentuk Penelitian Tindakan …………………………………………………..
  2. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian …………………………………..
  3. Rancangan Penelitian  …………………………………………………………..
  4. Instrumen Penelitian …………………………………………………………….
  5. Metode Pengumpulan Data …………………………………………………..
  6. Teknik Analisis Data ……………………………………………………………

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisi Item Butir Soal  …………………………………………………………
  2. Analisis Data Penelitian Persiklus  …………………………………………..
  3. Pembahasan ………………………………………………………………

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………..
  2. Saran-saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………………

About these ads
Kategori:PTK Tag:,
  1. Mei 15, 2010 pukul 5:11 am

    kayaknya pertamaxxxxxxxxxx
    ikut nimbrung nie mas :)
    salam kenal aja :)

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.