Beranda > Pendidikan, PTK > PTK PAI : LEARNING TOGETHER

PTK PAI : LEARNING TOGETHER

Juli 3, 2010

UNTUK MENDAPATKAN FILE PENUH HUBUNGI 082143654619   atau 085790351119

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN

MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER

PADA SISWA KELAS IV SDN….

TAHUN PELAJARAN 2009/2010


LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

 

OLEH

…………………………………..

SDN BETEK

KECAMATAN MADIUN

KABUPATEN MADIUN


LEMBAR PENGESAHAN

1.   Judul                            :  Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Learning Together    Pada Siswa Kelas IV SDN….Tahun Pelajaran 2009/2010.

2.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :  ,

NIP                              :  .

Gol/Ruang                    :  .

Jabatan                         :  .

Unit Kerja                    :  .

3.   Lokasi Penelitian           :  .

4.   Lama Penelitian            :  2 Bulan

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Disahkan Pada Tanggal : ….

Kepala Sekolah 

…………………

…………………

LEMBAR PUBLIKASI

1.   Judul                            :  Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Learning Together    Pada Siswa Kelas IV SDN….Tahun Pelajaran 2009/2010.

2.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :  ………

NIP                              :  …….

Gol/Ruang                    :  ……….

Jabatan                         :  ………..

Unit Kerja                    :  ……….

3.   Lokasi Penelitian           :  ………….

4.   Lama Penelitian            :  2 Bulan

Diserahkan Untuk Diplublikasikan

Di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri ……………..

……………., …………… 

Petugas Pustaka

……………..

KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.

Karya ilmiah yang berjudul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Learning Together    Pada Siswa Kelas IV SDN….Tahun Pelajaran 2009/2010  ini, disusun untuk memenuhi persyaratan Sertifikasi Guru.

Dalam penyusunan dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:

  1. Yth. Kepala Sekolah SDN….
  2. Yth. Rekan-rekan Guru di SDN….
  3. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai

Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.

Madiun,  ………..

Peneliti

ABSTRAK

…………………, 2001. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Learning Together Pada Siswa ………………………………. Tahun Pelajaran 2001/2002

Kata Kunci: pembelajaran PAI, kooperatif model learning together

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsru pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model learning together berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam ? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam  dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model learning together?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model learning together terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model learning together

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas ……………………………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model learning together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………………….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Pendidikan Agama Islam .

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………………….. i

Lembar Pengesahan …………………………………………………………………………………….. ii

Lembar Publikasi…………………………………………………………………………………………. iii

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………….. iv

Abstrak …………………………………………………………………………………………………….. v

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………… vi

Daftar Lampiran ………………………………………………………………………………………… vii

BAB  I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah …………………………………………………………. 1
  2. Rumusan Masalah ………………………………………………………………….. 4
  3. Tujuan Penelitian ……………………………………………………………………. 4
  4. Manfaat Penelitian …………………………………………………………………. 4
  5. Definisi Operasional Variabel …………………………………………………… 5
  6. Batasan Masalah …………………………………………………………………… 6

BAB  II      KAJIAN PUSTAKA

  1. Definisi Pembelajaran…………………………………………………………        7
  2. Motivasi Belajar  ……………………………………………………………. …… 8
  3. Meningkatkan Motivasi Belajar…………………………………………… …. 13
  4. Model Pembelajaran LT (Learning Together)………………………… …. 14

BAB  III     METODOLOGI PENELITIAN ………………………………………………….. 17

  1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ……………………………………. 18
  2. Rancangan Penelitian ……………………………………………………………. 19
  3. Alat Pengumpul Data ……………………………………………………………. 22
  4. Analisis Data ………………………………………………………………………. 23

BAB  IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ……………………………… 24

  1. Hubungan Pembelajaran Model Learning Together

Dengan  Ketuntasan Belajar …………………………………………………… 24

  1. Pembahasan ……………………………………………………………………….. 32

BAB  V      SIMPULAN DAN SARAN ………………………………………………………. 34

  1. Simpulan ……………………………………………………………………………. 34
  2. Saran ………………………………………………………………………………… 35

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………….. 36

LAMPIRAN-LAMPIRAN

ANDA BISA JUGA PILIH JUDUL LAIN SEPERTI DIBAWAH INI:

NO MAPEL JUDUL
PAI Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Together   Pada Siswa Kelas …. Tahun Pelajaran 2009/2010
Penerapan Methode Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together  Untuk Meningkatkan  Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas… Tahun Pelajaran 2008/2009
Upaya Meningkatkan Proses Belajar Dan Hasil Belajar Fiqih Shalat Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas……… SDN………. Tahun Pelajaran 2008/2009
Pembelajaran Kontestual Model Pengajaran Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam  Pada Siswa Kelas….. Tahun Pelajaran 2008/2009
Penerapan Pembelajaran Kooperatif 

Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan

Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam

Pada Siswa Kelas Iv Sdn…….. Tahun Pelajaran 2009/2010

1. BHS. INDO Penguasaan Kata-kata Bersinonim dalam Menyusun Kalimat Efektif  Pada Siswa Kelas ……………………………………. Tahun Pelajaran 2005/2006
Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Pada Siswa …………Tahun Pelajaran………………
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas……….Tahun Pelajaran……………
Metode Demonstrasi Dalam Upaya Miningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa …………Tahun Pelajaran………………
Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Pada Siswa …………Tahun Pelajaran………………
2. TK/ RA PENGGUNAAN BUKU BESAR (BIG BOOK) DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK…………………TAHUN PELAJARAN 200X/2008
3. AQIDAH AKHLAK PENERAPAN METODE PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR  AQIDAH AKHLAK MATERI ASMA’UL HUSNA PADA SISWA KELAS V MI……TAHUN PELAJARAN 2007/2008
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AQIDAH DENGAN  MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS ….
4. B. INGGRIS Membangun Pemahaman dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan Pada Siswa Kelas ……………
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation(GI) Pada Siswa Kelas ………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Strategi Metode Pengajaran Autentik Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas………………….Tahun Pelajaran 2003/2004
Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas…………………..Tahun Pelajaran 2005/2006.”
Model Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas …………………………………. Tahun Pelajaran 2005/2006
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa ………………………………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Sekolah Dasar
Meningkatkan Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TAPPS  Pada Siswa Kelas ………………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002
Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS  Pada Siswa Kelas…………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.
5. EKONOMI Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa …………………………………………….Tahun Pelajaran
Pengembangan Pembelajaran Dengan Pemberian Balikan Terhadap Hasil Belajar Bidang Ekonomi Koperasi Pada Siswa Kelas …………………………………………………….. Tahun Pelajaran 2002/2003
6. GEOGRAFI Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005
7. IPS Pengaruh Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa KELAS………………Tahun Pelajaran…..
8. BHS.ARAB Penerapan Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas ………………………………. Tahun Pelajaran………
PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BERLATIH BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS………………TAHUN PELAJARAN………
9. MATEMATIKA Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN Sukumulyo III Kec. Pujon – Malang Tahun Pelajaran 2006/2007
Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Lewat Metode Belajar Aktif Model Memberikan Pertanyaan Dan Mendapatkan Jawaban Pada Siswa Kelas ……… Tahun Pelajaran 2004/2005
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model  Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi  Belajar Matematika Pada Siswa Kelas …………………………………………..Tahun Pelajaran 2005/2006
10. QUR’AN HADITS UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN QUR’AN & HADIST DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER   PADA SISWA KELAS ….
Pembelajaran Kontestual Model Pengajaran Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn  Pada Siswa Kelas …………….Tahun …………
11. SKI Implementasi Metode Sosio Drama Dan Bermain Peranan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas ………… Tahun Pelajaran….
Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode artikulasi pada siswa kelas…….
12. FIQH Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas ……….. Kecamatan …………. Kabupaten ……….. Tahun Pelajaran
Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Fiqih Pada Siswa …………… Kecamatan ………. Kabupaten ……. Tahun Pelajaran……..

 

About these ads
Kategori:Pendidikan, PTK
  1. pemudapemikir
    Juli 12, 2010 pukul 6:50 am

    wa’alaikumsalam
    silahkan hubungi 085790351119

  2. Muh. Dahlan
    Juli 12, 2010 pukul 3:46 am

    Asslamu alaikum,
    Perkenalkan nama sya Muh. dAHLAN, sya sangat ingin dikirim PTK PAI, bagaimana cara mendapatkannya. email sya, alan0677@gmail.com. thanks

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.