Beranda > tulisan lepas > PTK PAI : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW

PTK PAI : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW

Juli 4, 2010

File lengkap silahkan hubungi 085790351119

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF

MODEL JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN

MUTU BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PADA SISWA KELAS SDN ……….

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

LAPORAN TINDAKAN KELAS


Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

OLEH :

…………

NIP. …………

DINAS PENDIDIKAN KOTA/KAB. …………


HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN ….KOTA/KAB. …………  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :  …………

NIP                              :  …………

Unit Kerja                    :  SDN….

KECAMATAN….KOTA/KAB. …………

2.   Lokasi Penelitian           :  SDN….

KECAMATAN….KOTA/KAB. …………

3.   Lama Penelitian            :  3 bulan

4.   Judul                            :  Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam  Pada Siswa Kelas SDN ……….

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat Sertifikasi Guru.

…., 01 Oktober 2009

Kepala Sekolah

……………………

NIP. …………………….


HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN ….KOTA/KAB. …………  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :  …………

NIP                              :  …………

Unit Kerja                    :  SDN….

KECAMATAN….KOTA/KAB. …………

2.   Lokasi Penelitian           :  SDN….

KECAMATAN….KOTA/KAB. …………

3.   Lama Penelitian            :  3 bulan

4.   Judul                            :  Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam  Pada Siswa Kelas SDN ……….

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan SDN ….KECAMATAN….KOTA/KAB. ………….

…., 01 Oktober 2009

Pustakawan

……………

NIP. ……………..


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam  Pada Siswa Kelas SDN ………. .

Penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam pemenuhan syarat sertifikasi, serta sebagai bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Sekolah SDN….KECAMATAN….KOTA/KAB. …………
  2. Yth. Kepala Perpustakaan SDN….KECAMATAN….KOTA/KAB. …………
  3. Yth. Rekan-rekan Guru SDN….KECAMATAN….KOTA/KAB. …………
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

…………………., 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam  Pada Siswa Kelas SDN ………..

Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode jigsaw

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran model jigsaw? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran model jigsaw terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran model jigsaw. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran model jigsaw.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, I (60%), siklus II (76,6%), siklus III (93,33%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode model jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas IV, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam .


DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul ………………………………………………………………………………………          i

Lembar Pengesahan …………………………………………………………………………………….. ii

Lembar Publikasi…………………………………………………………………………………………. iii

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………….. iv

Abstrak …………………………………………………………………………………………………….. v

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………… vi

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah ……………………………………………………. 1
  2. Perumusan Masalah…………………………………………………………… 4
  3. Tujuan Penelitian ………………………………………………………………. 4
  4. Manfaat Penelitian …………………………………………………………….. 4
  5. Batasan Masalah ………………………………………………………………. 5

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Hakikat Belajar dan Pembelajaran………………………………………… 6

B. . Pembelajaran Kooperatif……………………………………………………. 9

C. Pentingnya Pembelajaran Kooperatif…………………………………… 10

D. Perbedaan Dengan Pembelajaran Tradisional………………………… 12

E. . Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw…………………… 15

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………. 19
  2. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………. 20
  3. Instrumen Penelitian ………………………………………………………… 23
  4. Metode Pengumpulan Data  ……………………………………………… 24
  5. Teknik Analisis Data ……………………………………………………….. 24

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisi Item Butir Soal  …………………………………………………….. 26
  2. Analisis Data Penelitian Persiklus  ………………………………………. 28
  3. Pembahasan ………………………………………………………………       38

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ……………………………………………………………………. 40
  2. Saran ……………………………………………………………………………. 40

DAFTAR PUSTAKA

JUDUL LAIN YANG BISA DI PESAN ANTARA LAIN:


NO MAPEL JUDUL
PAI Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Together   Pada Siswa Kelas …. Tahun Pelajaran 2009/2010
Penerapan Methode Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together  Untuk Meningkatkan  Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas… Tahun Pelajaran 2008/2009
Upaya Meningkatkan Proses Belajar Dan Hasil Belajar Fiqih Shalat Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas……… SDN………. Tahun Pelajaran 2008/2009
Pembelajaran Kontestual Model Pengajaran Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam  Pada Siswa Kelas….. Tahun Pelajaran 2008/2009
Penerapan Pembelajaran Kooperatif 

Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan

Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam

Pada Siswa Kelas Iv Sdn…….. Tahun Pelajaran 2009/2010

BHS. INDO Penguasaan Kata-kata Bersinonim dalam Menyusun Kalimat Efektif  Pada Siswa Kelas ……………………………………. Tahun Pelajaran 2005/2006
Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Pada Siswa …………Tahun Pelajaran………………
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas……….Tahun Pelajaran……………
Metode Demonstrasi Dalam Upaya Miningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa …………Tahun Pelajaran………………
Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Pada Siswa …………Tahun Pelajaran………………
TK/ RA PENGGUNAAN BUKU BESAR (BIG BOOK) DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK…………………TAHUN PELAJARAN 200X/2008
AQIDAH AKHLAK PENERAPAN METODE PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR  AQIDAH AKHLAK MATERI ASMA’UL HUSNA PADA SISWA KELAS V MI……TAHUN PELAJARAN 2007/2008
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AQIDAH DENGAN  MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS ….
B. INGGRIS Membangun Pemahaman dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan Pada Siswa Kelas ……………
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation(GI) Pada Siswa Kelas ………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Strategi Metode Pengajaran Autentik Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas………………….Tahun Pelajaran 2003/2004
Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas…………………..Tahun Pelajaran 2005/2006.”
Model Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas …………………………………. Tahun Pelajaran 2005/2006
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa ………………………………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Sekolah Dasar
Meningkatkan Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TAPPS  Pada Siswa Kelas ………………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002
Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS  Pada Siswa Kelas…………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.
EKONOMI Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa …………………………………………….Tahun Pelajaran
Pengembangan Pembelajaran Dengan Pemberian Balikan Terhadap Hasil Belajar Bidang Ekonomi Koperasi Pada Siswa Kelas …………………………………………………….. Tahun Pelajaran 2002/2003

GEOGRAFI Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005

IPS Pengaruh Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa KELAS………………Tahun Pelajaran…..
8. BHS.ARAB Penerapan Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas ………………………………. Tahun Pelajaran………
PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BERLATIH BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS………………TAHUN PELAJARAN………
9. MATEMATIKA Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN…… Tahun Pelajaran 2006/2007
Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Lewat Metode Belajar Aktif Model Memberikan Pertanyaan Dan Mendapatkan Jawaban Pada Siswa Kelas ……… Tahun Pelajaran 2004/2005
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model  Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi  Belajar Matematika Pada Siswa Kelas …………………………………………..Tahun Pelajaran 2005/2006
QUR’AN HADITS UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN QUR’AN & HADIST DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER   PADA SISWA KELAS ….
Pembelajaran Kontestual Model Pengajaran Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn  Pada Siswa Kelas …………….Tahun …………
SKI Implementasi Metode Sosio Drama Dan Bermain Peranan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas ………… Tahun Pelajaran….
Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode artikulasi pada siswa kelas…….
FIQH Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas ……….. Kecamatan …………. Kabupaten ……….. Tahun Pelajaran
Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Fiqih Pada Siswa …………… Kecamatan ………. Kabupaten ……. Tahun Pelajaran……..
About these ads
Kategori:tulisan lepas
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.