Beranda > PTK > PTK TIK : METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

PTK TIK : METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Juli 8, 2010

Jika anda menginginkan file lengkap, silahkan hubungi 082143654619    atau 085790351119


PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TIK PADA SISWA  

KELAS ……………….

…………………………………………….

TAHUN 2005/2006

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

………………………………

NIP: ……………………………..

DINAS PENDIDIKAN ……………………

………………………………………………..

LEMBAR PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN……….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :

NIP                              :

Unit Kerja                    :

2.   Lokasi Penelitian           :  SDN

3.   Lama Penelitian            :  3 Bulan

4.   Judul                            :  Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat Sertifikasi Guru.

Madiun,  Oktober 2005

Kepala Sekolah

…………………….

NIP. ……………………

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN……………  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :

NIP                              :

Unit Kerja                    :

2.   Lokasi Penelitian           :  SDN

3.   Lama Penelitian            :  3 Bulan

4.   Judul                            :  Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan SDN………….

Madiun,  Oktober 2005

Pustakawan

…………………….

NIP. ……………………

KATA PENGANTAR 

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan ………………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI …………………….
  3. Yth. Rekan-rekan Guru ………………………..
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK 

…………………, 2005. Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas ……………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006

Kata Kunci: TIK , kooperatif model team assisted individualization

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a)Bagaimanakan peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization terhadap motivasi belajar siswa kelas ……………. tahun pelajaran 2005/2006?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas …………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus 1 (62.5 %), siklus 2 (70.83%) dan siklus 3 (87.5%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Team Assisted Individualization dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa …………………………………

DAFTAR ISI 

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Halaman Pengesahan …………………………………………………………………………………….

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah ……………………………………………………..
  2. Perumusan Masalah…………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian ………………………………………………………………
  4. Manfaat Penelitian ……………………………………………………………..
  5. Definisi Operasional Variabel ……………………………………..
  6. Batasan Masalah ………………………………………………………………..

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Definisi Pembelajaran …………………………………………………………

B. . Pembelajaran  Kooperatif  …………………………………………………..

C. . Keterampilan-Keterampilan Kooperatif ………………………………..

D. Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team

Assisted Individualization …………………………………………………..

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..
  2. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian …………………………………
  3. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..
  4. Metode Pengumpulan Data  ………………………………………………..
  5. Metode Pengumpulan Data …………………………………………………
  6. Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisi Item Butir Soal  ………………………………………………………
  2. Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….
  3. Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………
  2. Saran-saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

About these ads
Kategori:PTK
  1. beto
    Agustus 26, 2010 pukul 3:44 am

    Slmat Siang !!!!!!

    Tolong kirimi saya dong FiLe Lengkapx ???????

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TIK PADA SISWA

    KELAS ……………….

    …………………………………………….

    TAHUN 2005/2006

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.