Beranda > Pendidikan, PTK > PTK PAI : METODE BELAJAR AKTIF MODEL PENGAJARAN TERARAH

PTK PAI : METODE BELAJAR AKTIF MODEL PENGAJARAN TERARAH

November 2, 2010

Ingin File lengkap PTK PAI ini silahkan call/sms 085790351119

 

METODE BELAJAR AKTIF MODEL

PENGAJARAN TERARAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN PEMAHAMAN PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMPN……………..

KELAS …………

………………………………………….

TAHUN PELAJARAN 2005/2006

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

 

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

 

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SMPN….   KOTA ….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :  ………………

NIP                              :  …………………..

Unit Kerja                    :

2.   Lokasi Penelitian           :

3.   Lama Penelitian            :

4.   Judul                            : Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah dalam Meningkatkan Prestasi dan Pemahaman Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMPN…. Kelas ……………… Tahun Pelajaran 2005/2006

……………20…

Kepala Sekolah

 

 

……………

NIP. …………………..

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SMPN…  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti            :

Nama                           :  ………………

NIP                              :  …………………..

Unit Kerja                    :

2.   Lokasi Penelitian           :

3.   Lama Penelitian            :

4.   Judul                            : Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah dalam Meningkatkan Prestasi dan Pemahaman Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMPN…. Kelas ……………… Tahun Pelajaran 2005/2006

 

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

 

 

……………… 20….

Pustakawan

 

 

………………

NIP. ………………….

 


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah dalam Meningkatkan Prestasi dan Pemahaman Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMPN………….. Kelas ……………………… Tahun Pelajaran 2005/2006”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai prasayrat sertifikasi guru Agama Islam.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan ………………….
  2. Yth. Ketua PD II PGRI ……………………
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………..
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

 

ABSTRAK

…………………., 2005. Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah dalam Meningkatkan Prestasi dan Pemahaman Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMPN….. Kelas ………………………………  Tahun Pelajaran 2005/2006

Kata Kunci:  Pendidikan Agama Islam , metode belajar aktif model pengajaran terarah

 

 

Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan ‘mengetahui’-nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangkan panjang.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar  Pendidikan Agama Islam  dengan diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah? (b) Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model pengajaran terarah terhadap motivasi belajar?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar  Pendidikan Agama Islam  setelah diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah.(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar  Pendidikan Agama Islam  setelah diterapkan metode belajar aktif model pengajaran terarah.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMPN……………… kelas …………………Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model pengajaran terarah dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran  Pendidikan Agama Islam  .

DAFTAR ISI

 

Halaman

Halaman Judul ………………………………………………………………………………………

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………..

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………..

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………..

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah ……………………………………………………….
  2. Rumusan Masalah ……………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian …………………………………………………………………
  4. Manfaat Penelitian  ………………………………………………………………
  5. Definisi Operasional Variabel ………………………………………………..
  6. Batasan Masalah …………………………………………………………………

BAB      II       KAJIAN PUSTAKA

A. Memperkenalkan Belajar Aktif  ……………………………………………..

B. . Bagaimanakah Otak Bekerja  ………………………………………………..

C. Gaya Belajar ………………………………………………………………………

D.. Sisi Sosial Proses Belajar ……………………………………………………..

F. . Pengajaran Terarah………………………………………………………………

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Bentuk Penelitian Tindakan …………………………………………..
  2. Tempat, Waktu dan Subyek Penelitian  …………………………………..
  3. Rancangan Penelitian  …………………………………………………………..
  4. Instrumen Penelitian  ……………………………………………………
  5. Metode Pengumpulan Data  ………………………………………………….
  6. Teknik Analisis Data ……………………………………………………………

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisis Item Butir Soal  ……………………………………………………….
  2. Analisis Data Penelitian Persiklus ……………………………………………
  3. Pembahasan ………………………………………………………………………

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………..
  2. Saran-saran ………………………………………………………………. ………

DAFTAR PUSTAKA

 

About these ads
Kategori:Pendidikan, PTK Tag:
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: