Beranda > Pendidikan, PTK > PTK TK model Atraktif

PTK TK model Atraktif

Januari 7, 2011

UPAYA MENINGKATKAN PROSES BELAJAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ATRAKTIF TAHUN PELAJARAN………………

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  ……….

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

TAMAN KANAK-KANAK………

KECAMATAN……….

KABUPATEN……….

 

====================================================

====================================

====================

========

===

ANDA MENGINGINKAN FILE UTUH????? BISA HUBUNGI 095790351119

 


LEMBAR PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan TK…  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :

NIP                             :

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           :  Upaya Meningkatkan Proses Belajar Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Model Pembelajran Atraktif Tahun Pelajaran………………

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat …….

……..,  …………………

Kepala Sekolah

………………….

NIP. ……………………

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan TK……………  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :

NIP                             :

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           :  Upaya Meningkatkan Proses Belajar Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Model Pembelajran Atraktif Tahun Pelajaran………………

………,  ………….

Pustakawan

…………………….

NIP. ……………………

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Upaya Meningkatkan Proses Belajar Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Model Pembelajran Atraktif Tahun Pelajaran………………”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………………….

2.      Yth. Ketua PD II PGRI ………………………….

3.      Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………….

4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

…………………., 200X. Upaya Meningkatkan Proses Belajar Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Model Pembelajran Atraktif Tahun Pelajaran………………

Kata Kunci: Model Pembelajaran Atraktif

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran Pengembangan Kinestetik anak? (b) Bagaimanakah pengaruh metode metode pembelajaran Pengembangan Kinestetik anak terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Atraktif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran n Atraktif.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Taman Kanak-kanak. Data yang diperoleh berupa hasil tes  portofolio , lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran atraktif anak dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………., serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Taman Kanak-Kanak.

About these ads
  1. bialnazhar@yahoo.co.id
    Januari 27, 2011 pukul 12:15 pm

    mohon isi ptk model atraktif untuk anak taman kanak – kanak tolong dikirimkan di email saya ya sahabat.saya ingin mencoba di sekolah saya untuk anak siswa saya.trimakasih

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.