Beranda > Pendidikan, PTK > PTK PAI: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METHODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

PTK PAI: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METHODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Februari 23, 2011

USULAN  PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METHODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SEKOLAH…..

 

 

 

 

Logo

Perguruan Tinggi

 

 

 

 

 

Oleh :

………………………………..

 

 

 

FAKULTAS ……………………

INSTITUT /UNIVERSITAS

2011

 

 

HALAMAN PENGESAHAN

USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

1. Judul Penelitian Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Quran Dengan Menggunakan Methode Pembelajaran MAKE A MATCH Di Sekolah…..

 

2. Ketua Penelitian

  1. Nama Lengkap dan Gelar
  2. Jenis Kelamin
  3. Pangkat dan Golongan dan NIP
  4. Fakultas/Jurusan
  5. Institut/Universitas
  6. Alamat rumah:

Nomor telepon/HP:

Email:

: ……………….

: ……………….

: ……………….

: ……………….

: ……………….

: ……………….

3. Jumlah Anggota Peneliti …………… orang
4. Lama Penelitian 3 bulan/dari

bulan ………….. sampai

bulan ……………….

5. Biaya yang diperlukan

  1. Sumber dari Dikti Depdiknas
  2. Sumber lain (sebutkan ………),

Jumlah

Rp

Rp

Rp

(…………………………………..)

………………………………………………….

Mengetahui

Dekan Fakultas

Cap dan tanda tangan

(………………………………)

NIP………………………….

Ketua Peneliti,

Tanda tangan

(………………………………)

NIP………………………….

Menyetujui :

Ketua Lemlit

Cap dan tanda tangan

(………………………………)

NIP………………………….


SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

A.    JUDUL PENELITIAN

 

Dalam penelitian tindakan kelas ini, penulis mengambil judul:

“Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Quran Dengan Menggunakan Methode Pembelajaran MAKE A MATCH Di Sekolah…..”

B.     BIDANG KAJIAN

Dalam penelitin ini, penulis mencoba mengaji masalah kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an dengan menggunakan methode pembelajaran Make a Match.

 

C.    PENDAHULUAN

 

Dalam membaca dan menulis Al Qur’an sangat berbeda dengan membaca dna menulis huruf latin. Dalam pendidikan Agama Islam, membaca adalah dasar dari seluruh pintu terbukanya nilai dan ilmu agama islam. Ketika Nabi Muhammad saw menerima wahyu pertama kali di Gua Hira, adalah perintah untuk Iqro’, perintah iqro’ atau membaca ini, adalah dasr dari sistematika wahyu yang nabi terima.

Dari situ, maka nilai dan ilmu agama islam akan terbuka. Sejak kecil, anak muslim diharapkan sudah bisa mebaca Al Qur’an walau secara pemahaman belum mampu untuk mencerna dan mempraktekkan keseluruhannya. Akan tetapi, pola membaca ini, sebagai awal dari tahapan pendidikan. Adakalanya siswa Sekolah Dasar bisa membaca dengan baik. Akan tetapi tidak jarang pula, yang susah dalam membaca. Tentu saja terkait dengan latar belakang keluarga dan kehidupan di lingkungannya. Siswa yang dirumah aktif belajar di Taman pendidikan Al Qur’an (TPA) tentu akan berbeda dengan siswa yang tidak pernah, atau jarang sekali belajar di TPA.

Dari situlah, maka diperlukan adanya konsep pembelajaran baru yang mudah dipahami siswa yang kurang dan sama sekali tidak mampu dalam membaca huruf  hijaiyah (Al Qur’an).

 

ANDA INGIN FILE LENGKAP.

PTK (VEW VERSION) N ORIGINAL.


KHUSUS MAHASISWA

(Judul ini tidak dijual untuk Guru)


HUBUNGI 085790351119

JIKA ANDA GURU

PILIH JUDUL LAIN DIBAWAH INI

KLIK SINI


About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.