Beranda > Pendidikan, PTK, Sertifikasi > PTK PAI : IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PUASA SUNAH

PTK PAI : IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PUASA SUNAH

Maret 23, 2011

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS  SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PUASA SUNAH.

TAHUN PELAJARAN 20xx/20xx

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

 

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

 

 


HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten Madiun hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kreatifitas  Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Puasa Sunah Tahun Pelajaran 20xx/20xx

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..


HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kreatifitas  Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Puasa Sunah Tahun Pelajaran 20xx/20xx

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kreatifitas  Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Puasa Sunah Tahun Pelajaran 20xx/20xx

, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………

2.      Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..

3.      Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

………………, Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kreatifitas  Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Puasa Sunah Tahun Pelajaran 20xx/20xx

 

 

Kata Kunci: Quantum Teaching

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran Quantum Teaching bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran Quantum Teaching bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsru pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar   Pendidikan Agama Islam  ? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran   Pendidikan Agama Islam   dengan diterapkannya metode pembelajaran Quantum Teaching?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar   Pendidikan Agama Islam . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran   Pendidikan Agama Islam   setelah diterapkannya pembelajaran Quantum Teaching

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas ………………………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (78,57%), siklus III (90,47%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode Quantum Teaching dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Pendidikan Agama Islam.

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….

B.     Perumusan Masalah…………………………………………………………….

C.     Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….

D.    Pentingnya Penelitian …………………………………………………………

E.     Definisi Operasional Variabel ……………………………………..

F.      Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Hasil Belajar   Pendidikan Agama Islam   …………………………….

B. Methode Pmebelajaran Quantum Teaching……………………

C.. Kreatifitas…………………………………………………………………

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.    Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..

B.     Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..

C.     Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..

D.    Instrumen Penelitian ………………………………………………………….

E.     Metode Pengumpulan Data ………………………………………………..

F.      Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..

B.     Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….

C.     Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………

B.     Saran-saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

ANDA INGIN MENDAPATKAN

FILE LENGKAP??

SILAHKAN HUBUNGI

085790351119 / SMS / CALL

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.