Beranda > PTK, Sertifikasi > PTK PAI : UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELAJARAN PAI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE

PTK PAI : UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELAJARAN PAI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE

April 1, 2011

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELAJARAN PAI

DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN

INSIDE OUTSIDE CIRCLE

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

OLEH

……………………………

NIP: ……………………

KECAMATAN  ……

KABUPATEN  ……



LEMBAR PENGESAHAN

1.   Judul                           :  Upaya Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PAI Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Tahun Pelajaran 2009/2010

2.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ……………

NIP                             :  …………….

Gol/Ruang                   :  …………..

Jabatan                        :  …………..

Unit Kerja                   :    …….

3.   Lokasi Penelitian         :  …….

4.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Disahkan Pada Tanggal :

Kepala Sekolah

…………………..

NIP. …………………

LEMBAR PUBLIKASI

1.   Judul                           :  Upaya Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PAI Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Tahun Pelajaran 2009/2010

2.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  ……………..

Gol/Ruang                   :  …………………

Jabatan                        :  …………………….

Unit Kerja                   :  SEKOLAH  …….

3.   Lokasi Penelitian         :  SEKOLAH  …….

4.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

Diserahkan Untuk Diplublikasikan

Di Perpustakaan ……..

Kecamatan  ……  Kabupaten  ……

…… , 10 Oktober 2009

Petugas Pustaka

……………….

KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.

Karya ilmiah yang berjudul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PAI Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Tahun Pelajaran 2009/2010”  ini, disusun untuk memenuhi persyaratan Sertifikasi Guru.

Dalam penyusunan dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:

  1. Yth. Kepala Sekolah Sekolah ……. Kecamatan  ……
  2. Yth. Rekan-rekan Guru di Sekolah ……. Kecamatan  ……
  3. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai

Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.

…… ,  10 Oktober 2009

Peneliti

ABSTRAK

…………………, 2001. Upaya Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PAI Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Tahun Pelajaran 2009/2010

Kata Kunci: PAI, Inside Outside Circle

Dari beberapa model pembelajaran yang  ada, model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model Pembelajaran Outside Circle. Pembelajaran Outside Circle adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa. Dalam pembelajaran ini siswa harus dapat mengembangkan ketrampilan dan pemahaman konsep matematika untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Outside Circle  berpengaruh terhadap hasil belajar  Pendidikan Agama Islam? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran  Pendidikan Agama Islam    dengan diterapkannya metode Pembelajaran Outside Circle ?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Outside Circle  terhadap hasil belajar  Pendidikan Agama Islam . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam    setelah diterapkannya Pembelajaran Outside Circle

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas…………………… Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63.6%), siklus II (79,01%), siklus III (90.9%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Contextual Teaching and Learning  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa…….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Pendidikan Agama Islam.

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………………… i

Lembar Pengesahan …………………………………………………………………………………… ii

Lembar Publikasi………………………………………………………………………………………. iii

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………… iv

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………. v

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………. vi

Daftar Lampiran ……………………………………………………………………………………… vii

BAB  I      PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah ……………………………………………………….. 1

B.     Rumusan Masalah ………………………………………………………………… 4

C.     Tujuan Penelitian …………………………………………………………………. 4

D.    Manfaat Penelitian ……………………………………………………………….. 4

E.     Definisi Operasional Variabel ………………………………………………… 5

F.      Batasan Masalah ………………………………………………………………….. 6

BAB  II     KAJIAN PUSTAKA

A.    Definisi Anak Aktif…………………………………………………………        7

B.     Model Pembelajaran Teaching and Learning………………………….. 14

BAB  III   METODOLOGI PENELITIAN ……………………………………………….. 17

A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian …………………………………. 18

B.     Rancangan Penelitian ………………………………………………………….. 19

C.     Alat Pengumpul Data …………………………………………………………. 22

D.    Analisis Data ……………………………………………………………………… 23

BAB  IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………………………….. 24

A.    Hubungan Pembelajaran Model Contextual Teaching and Learning

Dengan  Ketuntasan Belajar ………………………………………………… 24

B.     Pembahasan ………………………………………………………………………. 32

BAB  V     SIMPULAN DAN SARAN …………………………………………………….. 34

A.    Simpulan …………………………………………………………………………… 34

B.     Saran ………………………………………………………………………………… 35

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………… 36

LAMPIRAN-LAMPIRAN

ANDA INGIN MENDAPATKAN

FILE LENGKAP??

SILAHKAN HUBUNGI

085790351119 / SMS / CALL

About these ads
  1. YUDI SUROSO
    April 4, 2011 pukul 1:50 pm

    Kasih file lengkapnya dong. kita butuh nich. semoga bermanfaat dan yang memberi dilebihkan oleh Allah rizkinya.

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.