Beranda > Pendidikan, PTK, Sertifikasi > PTK PAI : UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ADVOKASI TAHUN PELAJARAN 20XX /20XX

PTK PAI : UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ADVOKASI TAHUN PELAJARAN 20XX /20XX

April 6, 2011

UPAYA MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR SISWA  BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ADVOKASI TAHUN PELAJARAN 20XX /20XX

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

 

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

 

 


HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten Madiun hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Upaya Meningkatkan Hasil  Belajar Siswa  Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Advokasi Tahun Pelajaran 20xx /20xx.

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..


HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Upaya Meningkatkan Hasil  Belajar Siswa  Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Advokasi Tahun Pelajaran 20xx /20xx.

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil  Belajar Siswa  Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Advokasi Tahun Pelajaran 20xx /20xx, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………

2.      Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..

3.      Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

………………, Upaya Meningkatkan Hasil  Belajar Siswa  Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Advokasi Tahun Pelajaran 20xx /20xx.

Kata Kunci: PAI, Advokasi

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran Model advokasi bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran Model advokasi bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsru pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Model advokasi berpengaruh terhadap hasil belajar   Pendidikan Agama Islam? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran   Pendidikan Agama Islam   dengan diterapkannya metode pembelajaran Model advokasi?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Model advokasi terhadap hasil belajar   Pendidikan Agama Islam . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran   Pendidikan Agama Islam   setelah diterapkannya pembelajaran Model advokasi

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas ………………………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (78,57%), siklus III (90,47%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode Model advokasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Pendidikan Agama Islam.

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….

B.     Perumusan Masalah…………………………………………………………….

C.     Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….

D.    Pentingnya Penelitian …………………………………………………………

E.     Definisi Operasional Variabel ……………………………………..

F.      Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A.. Pengertian Metode Pembelajaran………………………………………….

B. Tinjauan Tentang Hasil Belajar Sejarah

…. Kebudayaan Islam……………………………………………………..

C. Pengaruh Model Pembelajar Advokasi

…. Terhadap Hasil Belajar……………………………………………….

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.    Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..

B.     Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..

C.     Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..

D.    Instrumen Penelitian ………………………………………………………….

E.     Metode Pengumpulan Data ………………………………………………..

F.      Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..

B.     Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….

C.     Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………

B.     Saran-saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119

About these ads
  1. pemudapemikir
    April 28, 2011 pukul 1:59 am

    bisa, hubungi aja bagian pemasran sms/call di 085790351119

  2. lisa
    April 27, 2011 pukul 7:27 am

    bsa kirim file lengkapnya via email?

  3. lisa
    April 27, 2011 pukul 7:27 am

    bsa krim file lengkapnya via email?

  4. samsul
    April 20, 2011 pukul 2:00 am

    terima kasih telah menyediakan PTK tp kenapa ngak tampilkan selengkapnya ?

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.