Beranda > Pendidikan, PTK, Sertifikasi > PTK PLH : MENINGKATKAN KEFAHAMAN PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODELING

PTK PLH : MENINGKATKAN KEFAHAMAN PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODELING

April 6, 2011

MENINGKATKAN KEFAHAMAN PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODELING

PADA KELAS DUA SDN….

TAHUN PELAJARAN………………

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  ……….

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

SEKOLAH………

KECAMATAN……….

KABUPATEN……….

 


LEMBAR PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah…  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :

NIP                             :

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           :  Meningkatkan Kefahaman Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pembelajaran Modeling Pada Kelas Dua Tahun Pelajaran………

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat …….

 

……..,  …………………

Kepala Sekolah

 

…………………….

NIP. ……………………

 

HALAMAN PUBLIKASI

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah……………  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :

NIP                             :

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           :  Meningkatkan Kefahaman Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pembelajaran Modeling Pada Kelas Dua Tahun Pelajaran………

………,  ………….

Pustakawan

 

 

…………………….

NIP. ……………………

 

 

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Meningkatkan Kefahaman Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pembelajaran Modeling Pada Kelas Dua Tahun Pelajaran………”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………………….

2.      Yth. Ketua PD II PGRI ………………………….

3.      Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………….

4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

 

 

ABSTRAK

………………., 200X. Meningkatkan Kefahaman Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pembelajaran Modeling Pada Kelas Dua Tahun Pelajaran………

Kata Kunci: modeling

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah  peningkatan kefahaman  siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kinestetik? (b) Bagaimanakah pengaruh metode metode pembelajaran kinestetik terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui  peningkatan kefahaman  siswa setelah diterapkannya  metode pembelajaran modeling  anak. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya  metode pembelajaran modeling  anak.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ………… Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah  metode pembelajaran modeling  anak dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PLH kelas dua.


DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Lembar Pengesahan ……………………………………………………………………………………..

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….

B.     Perumusan Masalah…………………………………………………………….

C.     Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….

D.    Manfaat Penelitian …………………………………………………………….

E.     Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas 2…………………………………

B.. Strategi Pembelajaran Modeling Partisipan……………………

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..

B.     Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..

C.     Instrumen Penelitian ………………………………………………………….

D.    Metode Pengumpulan Data  ……………………………………………….

E.     Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..

B.     Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….

C.     Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………

B.     Saran ……………………………………………………………………………….

INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119

 

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.