Beranda > Pendidikan, PTK, Sertifikasi, Skripsi > PTK Matematika : UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GEOMETRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIFISTIK KELAS SATU SDN….

PTK Matematika : UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GEOMETRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIFISTIK KELAS SATU SDN….

April 6, 2011

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GEOMETRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIFISTIK KELAS SATU SDN….

TAHUN PELAJARAN 20xx/20xx

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru


 

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

 

 

 


HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten Madiun hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Konstruktifistik Kelas Satu SDN…. Tahun Pelajaran 20xx/20xx

 

 

……………20…

Kepala Sekolah

 

 

……………

NIP. …………………..

 

 


HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Konstruktifistik Kelas Satu SDN…. Tahun Pelajaran 20xx/20xx

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Konstruktifistik Kelas Satu SDN…. Tahun Pelajaran 20xx/20xx, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

1.       Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………

2.       Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..

3.       Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

………………, Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Konstruktifistik Kelas Satu SDN…. Tahun Pelajaran 20xx/20xx

Kata Kunci: pemahaman geometri

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran  Konstruktifistik  bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran  Konstruktifistik  berpengaruh terhadap hasil belajar    Matematika? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran    Matematika    dengan diterapkannya metode pembelajaran  Konstruktifistik ?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran  Konstruktifistik  terhadap hasil belajar    Matematika  . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran    Matematika    setelah diterapkannya pembelajaran  Konstruktifistik

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas ………………………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (78,57%), siklus III (90,47%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode  Konstruktifistik  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Matematika .

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul ………………………………………………………………………………………

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………..

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………………

Abstrak ………………………………………………………………………………………………………..

Daftar Isi ………………………………………………………………………………………………………

BAB ……. I       PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang  Masalah ………………………………………………………..

B.      Perumusan Masalah……………………………………………………………..

C.      Tujuan Penelitian ………………………………………………………………..

D.      Pentingnya Penelitian …………………………………………………………..

E.       Definisi Operasional Variabel …………………………………………

F.       Batasan Masalah …………………………………………………………………

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A.      Hakikat Matematika…………………………………………………..

B.      Konsep dalam Matematika………………………………………….

C.      Konsep Bangun Datar ……………………………………………….

D.      Perkembangan Pemikiran Geometri …………………………….

E.       Metode Konstruktivistik………………………………………………

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.      Bentuk Penelitian Tindakan …………………………………………………..

B.      Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ……………………………………

C.      Rancangan Penelitian  …………………………………………………………..

D.      Instrumen Penelitian ……………………………………………………………

E.       Metode Pengumpulan Data …………………………………………………..

F.       Teknik Analisis Data ……………………………………………………………..

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.      Analisi Item Butir Soal  ………………………………………………………….

B.      Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………………

C.      Pembahasan ………………………………………………………………

BAB     V      PENUTUP

A.      Kesimpulan ………………………………………………………………………..

B.      Saran-saran ………………………………………………………………………..

DAFTAR PUSTAKA

INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119

About these ads
  1. April 14, 2011 pukul 2:06 am

    harap dikirimkan Contoh PTK Bahasa Inggris MTs

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.