Beranda > Pendidikan, PTK, Sertifikasi > PTK RA/TK : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI KEGIATAN KESEHARIAN MELALUI PEMBELAJARAN VISUAL ROUDLOTUL ANTFAL (RA) / TK (taman Kanak-Kanak) TAHUN PELAJARAN………………

PTK RA/TK : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI KEGIATAN KESEHARIAN MELALUI PEMBELAJARAN VISUAL ROUDLOTUL ANTFAL (RA) / TK (taman Kanak-Kanak) TAHUN PELAJARAN………………

April 10, 2011

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI KEGIATAN KESEHARIAN MELALUI PEMBELAJARAN VISUAL ROUDLOTUL ANTFAL (RA) TAHUN PELAJARAN………………

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  ……….

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

 

ROUDLOTUL ANTFAL (RA)………

KECAMATAN……….

KABUPATEN……….

 

 


LEMBAR PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan TK…  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :

NIP                             :

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           :  Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Kegiatan Keseharian Melalui Pembelajaran Visual Roudlotul Antfal (RA) Tahun Pelajaran………………

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat …….

……..,  …………………

Kepala Sekolah

…………………….

NIP. ……………………

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan TK……………  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :

NIP                             :

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           :  Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Kegiatan Keseharian Melalui Pembelajaran Visual Roudlotul Antfal (RA) Tahun Pelajaran………………

………,  ………….

Pustakawan

…………………….

NIP. ……………………

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Kegiatan Keseharian Melalui Pembelajaran Visual Roudlotul Antfal (RA) Tahun Pelajaran………………”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………………….

2.      Yth. Ketua PD II PGRI ………………………….

3.      Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………….

4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

…………………., 200X. …… Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Kegiatan Keseharian Melalui Pembelajaran Visual Roudlotul Antfal (RA) Tahun Pelajaran………………

Kata Kunci: pembelajaran visual

Usia 0 – 6 Tahun  adalah usia dini yang dikenal dengan Golden Age (Usia Emas), dimana pada usia ini pengalaman belajar anak menentukan potensinya di masa depan. Pemberian stimulasi pada semua aspek intelegensinya mutlak dibutuhkan. Pola berfikir anak pada usia ini bermula dari hal yang kongkrit menuju hal yang abstrak. Aspek intelegensi pada pembelajaran di taman kanak – kanak dikembangkan melalui bidang pengembangan  antara lain adalah bidang pengembangan bahasa, seni, fisik motorik dan kognitif. Semua bidang memiliki tingkat kepentingan yang mutlak pada perkembangan anak usia dini, begitu juga pada bidang pengembangan kognitif.

Bidang pengembangan kognitif dapat berkembang dengan baik apabila multiple indranya difungsikan secara maksimal. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kesulitan anak dalam belajar bidang pengembangan kognitif. Apalagi jika pembelajaran dilakukan dengan strategi yang monoton, yaitu hanya dengan metode carita, Tanya jawab dan media lagu. Kesulitan ini juga dihadapi oleh siswa RA ………………….., khususnya dalam hal mengenal konsep waktu dan menceritakan kegiatan dengan menggunakan konsep waktu. Sebagai upaya perbaikan peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran visual dengan judul Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Kegiatan Keseharian Melalui Pembelajaran Visual Roudlotul Antfal (RA) Tahun Pelajaran………………

Pada bidang pengembangan kognitif diberikan action berupa kegiatan strategi belajar visual, yaitu pembelajaran dengan menggunakan media visual LCD proyektr dan beberapa gambar lainnya yang menunjukkan kegiatan keseharian anak.

Penelitian ini dilakukan di RA …………………. Dari hasil penelitian ini diketahui adanya peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kompetensi siswa dalam kemampuan mengulas dan menceritakan kegiatan dengan konsep waktu. Dan telah diperoleh data dari hasil penelitian. Dari hasil pretest kompetensi klasikal siswa hanya mencapai 13%, namun setelah dilakukan action dengan strategi pembelajaran visual, kompetensi bidang pengembangan kognitif mengalami  peningkatan menjadi 38% pada siklus I dan 79% pada siklus II.

Begitu juga tentang aktifitas siswa selama pembelajaran, yang terdiri dari minat, kosentrasi, motivasi dan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan menjadi meningkat. Yang semula pada siklus satu masih berkategori cukup pada siklus dua menjadi baik.


DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Lembar Pengesahan ……………………………………………………………………………………..

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….

B.     Perumusan Masalah…………………………………………………………….

C.     Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….

D.    Manfaat Penelitian …………………………………………………………….

E.     Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian Prestasi Belajar………………………………………….

C.  ………………………………………. Metode Pembelajaran Visual………

D. Hubungan Methode Pembelajaran Visual dengan Prestasi Belajar Siswa Roudlotul Antfal (RA)

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.    Jenis Penelitian………………………………………………………….

B.     Setting Penelitian……………………………………………………….

C.     Subyek Penelitian ……………………………………………………..

D.    Prosedur Penelitian ……………………………………………………

1.        Siklus I ……………………………………………………………….

2.        Siklus II ………………………………………………………………

E.     Instrumen Penelitian…………………………………………………..

F.      Analisis Data  …………………………………………………………..

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Kondisi sebelum diberikan tindakan…………………………….

B.     Siklus I……………………………………………………………………..

1.. Kompetensi Kognitif Siswa……………………………………

2. Aktivitas Selama Proses Pembelajaran……………………..

C.     Siklus II……………………………………………………………………

1.. Kompetensi Kognitif Siswa……………………………………………

2. Aktivitas selama Proses Pembelajaran……………………..

D.    Pembahasan………………………………………………………………

BAB     V      PENUTUP

A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………

B.     Saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

SILAHKAN HUBUNGI 085790351119




About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.