Beranda > tulisan lepas > PTK SD : IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED TEACHING (PEMBELAJARAN TERBIMBING) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA

PTK SD : IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED TEACHING (PEMBELAJARAN TERBIMBING) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA

Mei 10, 2011

IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED TEACHING (PEMBELAJARAN TERBIMBING) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDI IPS KELAS V SD NEGERI….
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh Sertifikasi Guru

OLEH :
………………..
NIP. ………………..

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah ….. KOTA …. hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Implementasi Strategi Guided Teaching (Pembelajaran Terbimbing) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi IPS Kelas V SD Negeri…. Tahun Pelajaran 2010/2011

……………20…
Kepala Sekolah

……………
NIP. …………………..

HALAMAN PUBLIKASI
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…. hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Implementasi Strategi Guided Teaching (PembelajaranTerbimbing) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi IPS Kelas V SD Negeri…. Tahun Pelajaran 2010/2011

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah ….. KECAMATAN …………. KOTA …..

……………… 20….
Pustakawan

………………
NIP. ………………….

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Implementasi Strategi Guided Teaching (PembelajaranTerbimbing) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi IPS Kelas V SD Negeri…. Tahun Pelajaran 2010/2011”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ………………………
2. Yth. Ketua PD II PGRI Kabupaten ……………………………
3. Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………………………….
4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis

ABSTRAK

…………………..2010. Implementasi Strategi Guided Teaching (Pembelajaran Terbimbing) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi IPS Kelas V SD Negeri… Tahun Pelajaran 2010/2011

Kata kunci: IPS, Strategi Guided Teaching
Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah Metode Strategi Guided Teaching berpengaruh terhadap kemampuan berbicara menggunakan Ilmu Pengetahuan Sosial ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa?
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Metode Strategi Guided Teaching terhadap kemampuan berbicara menggunakan Ilmu Pengetahuan Sosial . (b) Untuk mengungkap Metode Strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial .
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (78,57%), siklus III (90,47%).
Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa …………………………… , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPS.

INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119 atau (flexy)03517040730

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.