Beranda > Pendidikan, PTK, Sertifikasi > PTK SD : PENERAPAN METODE DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PELAJARAN MATEMATIKA

PTK SD : PENERAPAN METODE DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Mei 10, 2011

PENERAPAN METODE DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN ….
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KARYA ILMIAH

OLEH
………………………………..
NIP: ……………………………

DINAS PENDIDIKAN …………………………………..
…………………………………………
………………………………………………

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang tidak dipublikasikan tetapi didokumentasikan di perpustakaan ………………………………….. hasil karya dari:
Nama : ……………………….
NIP : ……………………….
Unit Kerja : ………………………………
Judul : Penerapan Metode Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pelajaran Matematika Di Sdn …. Tahun Pelajaran 2010/2011

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan mendapatkan Penetapan Angka Kredit Kenaikan Pangkat dalam jabatan fungsional guru.

Kepala ………………

………………………….
NIP: ……………….
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi penetapan angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru. Karya ilmiah ini tidak dipublikasikan tetapi telah disetujui dan disahkan untuk didokumentasikan di perpustakaan …………………………………..

Pada Hari : ……………………
Tanggal : ……………………

Kepala Perpustakaan

………………………..
NIP……………..

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pelajaran Matematika Di Sdn …. Tahun Pelajaran 2010/2011”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………………….
2. Yth. Ketua PD II PGRI ………………………….
3. Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………….
4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis

ABSTRAK
…………………., 2010. Penerapan Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pelajaran Matematika Di SDN…. Tahun Pelajaran 2010/2011

Kata Kunci: Matematika, methode Dill

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode Drill ? (b) Bagaimanakah pengaruh metode metode Drill terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Drill . (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode metode Drill .
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Drill dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………., serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119 atau (flexy)03517040730

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.