Beranda > Pendidikan, PTK, Sertifikasi > PTK IPS : IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED TEACHING

PTK IPS : IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED TEACHING

Mei 16, 2011

IMPLEMENTASI  STRATEGI GUIDED TEACHING (PEMBELAJARAN TERBIMBING) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDI IPS KELAS….

ABSTRAK

 

 

…………………..2010. Implementasi Strategi Guided Teaching (Pembelajaran Terbimbing) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi IPS Kelas …. Tahun Pelajaran 2010/2011

Kata kunci: IPS, Strategi Guided Teaching

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah Metode Strategi Guided Teaching berpengaruh terhadap kemampuan berbicara menggunakan Ilmu Pengetahuan Sosial ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa?

Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Metode Strategi Guided Teaching terhadap kemampuan berbicara menggunakan Ilmu Pengetahuan Sosial . (b) Untuk mengungkap Metode Strategi Guided Teaching terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial .

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (78,57%), siklus III (90,47%).

Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa …………………………… , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPS.

 

JIKA INGIN FILE LENGKAP BISA HUBUNGI 085790351119

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.