Beranda > Pendidikan, PTK > PTK TIK SMA/SMK

PTK TIK SMA/SMK

Juli 21, 2012

Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013

 

 

LAPORAN TINDAKAN KELAS

 

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

 

 

 

 

 

 

 

 

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten Madiun hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

HALAMAN PUBLIKASI

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013

 

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

        Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

 

 

 

ABSTRAK

………………, Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013

 

 

Kata Kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode Pembelajaran Metode Tutor Sebaya  bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode Tutor Sebaya  berpengaruh terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran    Teknologi Informasi dan Komunikasi    dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Tutor Sebaya ?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Tutor Sebaya  terhadap hasil belajar    Teknologi Informasi dan Komunikasi  . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi    setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Tutor Sebaya

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII. Data yang diperoleh berupa hasil tes Psikomotor, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69%), siklus II (81%) dan siklus III (93%)

Simpulan dari penelitian ini adalah metode  Konstruktifistik  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Teknologi Informasi dan Komunikasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….
  2. Perumusan Masalah…………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….
  4. Pentingnya Penelitian …………………………………………………………
  5. Definisi Operasional Variabel ……………………………………..
  6. Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

  1. Memori……………………………………………………………………..
  2. Metode Tutor Sebaya …………………………………………………

 

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..
  2. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
  3. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..
  4. Instrumen Penelitian ………………………………………………………….
  5. Metode Pengumpulan Data ………………………………………………..
  6. Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

 

 

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..
  2. Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….
  3. Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………
  2. Saran-saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

 

 HUBUNGI : 085790351119

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads
Kategori:Pendidikan, PTK Tag:,
  1. pangeran andry
    Juli 30, 2012 pukul 1:52 pm

    kalau penelitian teknik bisa ngak ???

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.