Beranda > tulisan lepas > PEMBELAJARAN AKTIF

PEMBELAJARAN AKTIF

Oktober 3, 2012

PEMBELAJARAN  AKTIF

Gambar 

PENGERTIAN PEMBELAJARAN AKTIF

Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif membangun sendiri konsep dan makna melalui berbagai macam kegiatan. sedangkan menurut centre of teaching and learning Universitas Minnesota pembelajaran aktif adalah pendekatan dalam pembelajaran dimana peserta didik menguasai materi pelajaran yang dipelajarinya melalui membaca, berbicara, mendengar dan melakukan refleksi.

 

URGENSI PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF

  1. Dengan pembelajaran aktif peserta didik memiliki banyak kesempatan untuk membaca, mendengar, melihat, mempraktikkan dan mendiskusikan materi sehingga mereka lebih banyak mengingatnya.
  2. Mencegah sesi yang monoton sehingga peserta didik tidak bosan.
  3. Peserta didik akan lebih terasah pengetahuannya karena dilibatkan dengan ketrampilan berfikir.
  4. Pembelajaran aktif dapat mendorong interaksi antar peserta didik dan guru, sehingga dapat meningkatakan kemampuan komunikasi.
  5. Ttumbuh minat dan motivasi belajar peserta didik.

 

KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN YANG AKTIF

Beberapa karakteristik pemeblajaran aktif antara lain sebagai berikut:

  1. Pembelajaran tidak ditekankan pada penyampaian informasi oleh guru, tetapi pada eksplorasi informasi dan pembangunan konsep oleh peserta didik.
  2. Suasana pembelajaran kondusif. Guru mengembangkan keterbukaan dan penghargaan terhadap semua gagasan oleh guru. Peserta didik juga merasa nyaman mengemukakan pendapat atau menanggapi pendapat orang lain karena lebih banyak berinteraksi antar peserta didik.
  3. Peserta didik tidak hanya mendengarkan ceramah secara pasif, tetapi mengerjakan berbagai hal (membaca, mendengar, melihat, dan berdiskusi)
  4. Peserta didik dilibatkan dalam kegiatan kooperatif yang membutuhkan tanggung jawat individual sekaligus memiliki ketergantungan positif anataranggota kelompok.
  5. Peserta didik dirangsang untuk menggunakan kemampuan berfikir kritis, analitis, dan evaluative.
  6. Peserta didik terlibat dengan pemanfaatan berbagai sumber belajar baik di dalam maupun di luar kelas.
  7. Guru mendapatkan umpan balik yang lebih cepat tentang proses dan hasil pembelajaran.

 

FAKTOR FAKTOR YANG PENDUKUNG PEMBELAJARAN AKTIF

  1. Ketersediaan lingkungan dan sumber belajar yang memadai dengan pelaksanaan pembelajaran yang aktif
  2. Metode yang dapat mengaktifkan peserta didik.

 

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DI KELAS

Beberapa prinsip implementasi pembelajaran aktif :

  1. Tujuan pembelajaran harus ditujukan dengan jelas.
  2. Peserta didik perlu diberitahu apa yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran. Guru perlu menjelaskan pada peserta didik tiap tahap pembelajaran dan apa yang akan dicapai dalam tahap tersebut.
  3. Peseerta didik perlu mmendapatkan petunjuk yang jelas dalam setiap kegiatan, agar pembelajaran benjalan dengan efektif.
  4. Guru perlu memilih tehnik pembelajaran aktif yang sesuai dengan konsep yang dipelajari peserta didik.
  5. Guru perlu menciptakan iklim pembelajaran yang aktif.

Beberapa kendala dalam menerapkan Pembelajaran aktif antara lain:

  1. Menghabiskan waktu di kelas.
  2. Kurang terkontrol nya kelas.
  3. Tidak tepat pada sasaran.
  4. Kurang di minati peserta didik, terutama yang terbiasa pasif.

 

 

 

About these ads
Kategori:tulisan lepas
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.