Beranda > Pendidikan, PTK > Modul Pembelajaran Penjaskes SD/MI

Modul Pembelajaran Penjaskes SD/MI

Desember 7, 2012

 

 

MODUL PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS IV

MATERI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI

SD NEGERI …………………..

SEMESTER I

TAHUN PELAJARAN 2012

 

 

 

 

 

Disusun Oleh:

………………………………..

NIP…………………….

 

 

 

Dinas Pendidikan………….

 

Daftar Isi

 

 

Bab     I      Pendahuluan

A.     Latar Belakang

B.      Petunjuk

C.     Kompetensi Dasar

D.     Tujuan

 

Bab     I I   Pembelajaran

  1. A.           Pembelajaran Senam Lantai
  2. B.           Evaluasi

 

Bab     III   Evaluasi

Bab     IV   Penutup

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Modul dikatakan self contained bila seluruh materi pembelajaran yang dibutuhkan termuat dalam modul tersebut. Tujuan dari konsep ini adalah memberikan kesempatan peserta didik mempelajari materi pembelajaran secara tuntas, karena materi belajar dikemas kedalam satu kesatuan yang utuh. Jika harus dilakukan pembagian atau pemisahan materi dari satu standar kompetensi/kompetensi dasar, harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan keluasan standar kompetensi/kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik.

Selain itu sebuah modul tentu memiliki nilai Stand alone atau berdiri sendiri merupakan karakteristik modul yang tidak tergantung pada bahan ajar/media lain, atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan bahan ajar/media lain. Dengan menggunakan modul, peserta didik tidak perlu bahan ajar yang lain untuk mempelajari dan atau mengerjakan tugas pada modul tersebut. Jika peserta didik masih menggunakan dan bergantung pada bahan ajar lain selain modul yang digunakan, maka bahan ajar tersebut tidak dikategorikan sebagai modul yang berdiri sendiri.

Maka dari itu kami akhirnya memberanikan diri membuat sebuah modul penjaskes dengan materi Permaianan Senam Lantai pada Kelas IV SD Negeri…………. Pada semester I Tahun pelajaran 2012/2013.

B.    Petunjuk

Di dalam modul ini ada beberapa petunjuk yang harus diikuti. Sebelum mempelajari isi modul ini, maka terlebih dahulu baca beberapa petunjuk dibawah ini. Agar dalam pembahasan ini lebih mudah memahaminya dan lebih cepat menangkap materi. Adapun beberapa petuntuh di bawah ini adalah sebagai berikut:

  • Bagi Siswa
  1. Bacalah isi modul secara berurutan
  2. Pahamilah isi modul setelah dibaca
  3. Setelah di baca coba kerjakan latihan
  4. Jika ada yang tidak dimengerti, diskusikan dengan temanmu atau tanyakan            pada guru

  • Bagi Guru
  1. Dalam menggunakan modul sebaiknya guu harus menggunakan alat peraga
  2. Guru juga harus mengontrol siswa dalam menggunakan modul ini.

 

C.    Kompetensi Dasar

Standar Kompetensi        :    Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar           :    Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan  faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian

D.    Tujuan

  • Siswa dapat melakukan gerakan-gerakan yang terdapat dalam  senam lantai
  • Melatih keberanian dan percaya diri

BAB II

PEMBELAJARAN

 

A.    Kegiatan Belajar Senam Lantai

        1.  Tujuan KBM

Setelah mempelajari bab ini, kalian diharapkan mampu mengetahui dan  mempraktikkan:

• senam lantai tanpa alat, dan

• senam lantai dengan alat.

        2.  Uraian Materi

  1. Senam Lantai Tanpa Alat

Senam lantai sebagai cabang dari olahraga senam, baik yang menggunakan alat maupun tanpa alat, harus memperhatikan keselamatan, dan harus dilakukan sesuai dengan petunjuk yang ada, serta percaya pada diri sendiri. Berikut ini gerakan-gerakan senam lantai tanpa alat yang dapat kita lakukan. Gerakan-gerakan itu membutuhkan kekuatan, kecepatan, serta keseimbangan.

  1. Lompat-lompat di Tempat

Cara melakukannya:

-          Sikap awal berdiri tegak, tangan rapat ke badan dan tekuk ke depan.

-          Selanjutnya lakukan lompat-lompat di tempat,

-          Aba-aba pertama, loncat ke kanan kemudian kembali ke posisi semula.

-          Aba-aba kedua, lompat ke kiri kemudian kembali ke posisi semula.

-          Aba-aba ketiga, lompat ke kanan 180 derajat kemudian kembali lagi ke posisi semula.

-          Aba-aba keempat, lompat ke kiri 180 derajat kemudian kembali lagi ke posisi semula.

  1. Berdiri dengan Tangan (Hand Stand)

Hand stand adalah sikap tegak kaki berada di atas tangan denganposisi lurus.

Cara melakukannya:

-          Sikap awal membungkuk dengan kedua tangan menempel kelantai.

-          Melakukan tolakan dengan kedua kaki.

-          Kemudian angkat panggul hingga tegak lurus di atas kepala.

-          Tahan sikap ini dalam beberapa saat.

INGIN MODUL PENJAS LEBIH LANJUT????

BISA HUBUNGI KE 085790351119

About these ads
Kategori:Pendidikan, PTK Tag:, ,
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.