Beranda > Pendidikan, PTK, Sertifikasi, Silabus, Skripsi > PTK Biologi SMP Kelas VII Portofolio

PTK Biologi SMP Kelas VII Portofolio

Januari 31, 2013

Penerapan Pembelajaran Portofolio dalam Pembelajaran IPA Biologi Guna Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Mikroskop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri………… Tahun Pelajaran 2011/2012

 

 

LAPORAN TINDAKAN KELAS

 

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

 

 

 

 

 

 

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten Madiun hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Penerapan Pembelajaran Portofolio dalam Pembelajaran IPA Biologi Guna Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Mikroskop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri………… Tahun Pelajaran 2011/2012

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

HALAMAN PUBLIKASI

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Penerapan Pembelajaran Portofolio dalam Pembelajaran IPA Biologi Guna Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Mikroskop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri………… Tahun Pelajaran 2011/2012

 

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

        Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul Penerapan Pembelajaran Portofolio dalam Pembelajaran IPA Biologi Guna Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Mikroskop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri………… Tahun Pelajaran 2011/2012, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

 

 

ABSTRAK

 

………………, Penerapan Pembelajaran Portofolio dalam Pembelajaran IPA Biologi Guna Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Mikroskop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri………… Tahun Pelajaran 2011/2012

 

 

 

Kata Kunci: IPA Biologi

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Portofolio  berpengaruh terhadap hasil belajar    Biologi? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran    Biologi    dengan diterapkannya metode Pembelajaran Portofolio ?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Portofolio  terhadap hasil belajar    Biologi  . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran    Biologi    setelah diterapkannya Pembelajaran Portofolio

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (72%,), siklus II (80%), siklus III (93%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode  Portofolio  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Biologi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….
  2. Perumusan Masalah…………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….
  4. Pentingnya Penelitian …………………………………………………………
  5. Definisi Operasional Variabel ……………………………………..
  6. Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

  1. Tiga Konsep Utama Model Pembelajaran Portofolio
  2. Fase – Fase dalam Investigasi …………………………………….
  3. Kegiatan dan Peran Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dengan Model Portofolio
  4.   Aktifitas Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Portofolio
  5. Materi Pembelajaran IPA Biologi Penggunaan Mikroskop

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..
  2. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
  3. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..
  4. Instrumen Penelitian ………………………………………………………….
  5. Metode Pengumpulan Data ………………………………………………..
  6. Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..
  2. Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….
  3. Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………
  2. Saran-saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.     Latar Belakang

Salah satu faktor yang mungkin sebagai penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah bahwa perencanaan dan penerapan pembelajaran yang dilakukan oleh para guru Biologi masih dominan dengan metode transfer informasi. Kondisi pembelajaran seperti ini akan menimbulkan kebosanan bagi siswa, siswa tidak dapat melihat hubungan antar materi pelajaran yang telah dipelajari dengan materi berikutnya. Ini diperparah dengan sikap guru yang tidak pernah mengingatkan kembali siswa tentang materi sebelumnya dan terus melanjutkan tanpa memperhatikan apakah siswa pada umumnya telah memahami materi yang diberikan sehingga pelajaran Biologi tidak menarik, tidak disenangi, dan dengan sendirinya pelajaran Biologi akan terasa sulit. Dengan demikian sebagai konsekuensinya hasil belajar yang di capai siswa belum sesuai dengan harapan. Ausubel menyatakan bahwa faktor tunggal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar adalah apa yang  telah diketahui siswa berupa materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Apa yang telah dipelajari siswa dapat dimanfaatkan dan dijadikan sebagai  titik tolak dalam mengkomunikasikan informasi atau ide baru dalam kegiatan pembelajaran.

Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat melihat keterkaitan antara materi yang sudah diberikan dengan materi baru. Namun sering terjadi siswa tidak mampu melakukannya. Dalam hal inilah diperlukan adanya alat yang dapat menjembatani informasi atau ide baru dengan materi pelajaran yang telah diterima oleh siswa. Alat penghubung yang dimaksud oleh Ausubel dalam teori belajar bermaknanya adalah Advance Organizer.

Advance organizer dapat dikatakan sebagai pengatur awal dalam kemajuan belajar yaitu abstraksi dari bahan yang akan dipelajari. Advance organizer sangat besar pengaruhnya bagi peserta didik dalam proses pembelajaran karena bahan yang dirancang dengan baik akan menarik perhatian siswa dan  akan menghubungkan bahan yang baru dengan apa yang telah diketahui sebelumnya serta tersimpan dalam struktur kognitifnya. Struktur kognitif ini akan menentukan kejelasan arti-arti yang timbul pada saat pengetahuan baru masuk, termasuk proses interaksinya, sehingga terjadilah proses belajar bermakna.

Belajar bermakna disini merupakan proses mengaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat  dalam struktur kognitif seseorang. Salah satu cara untuk menjelaskan materi  pelajaran kepada siswa agar dapat menghubungkan atau mengkaitkan antar konsep, sehingga terjadi kegiatan belajar bermakna adalah dengan menggunakan peta konsep.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka peneliti akhirnya mengambil judul” Penerapan Pembelajaran Portofolio dalam Pembelajaran IPA Biologi Guna Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Mikroskop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri………… Tahun Pelajaran 2011/2012

 

 

 

B.   Rumusan Masalah

Merujuk pada uraian latar belakang di atas, dapat dikaji ada beberapa permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut:

  1. Apakah Pembelajaran Portofolio  berpengaruh terhadap hasil belajar    Biologi  Kelas VII tahun pelajaran 2011/2012?
  2. Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran  Biologi    dengan diterapkannya Portofolio pada siswa Sekolah…………. Kelas VII  tahun pelajaran 2011/2012?

 

C. Tujuan Penelitian

Berdasar atas rumusan masalah di atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengungkap pengaruh  Portofolio  terhadap kreatifitas siswa dalam pelajaran  Biologi   pada materi  SMP Negeri…… Kelas VII  tahun pelajaran 2011/2012.
  2. Ingin mengetahui seberapa jauh kreatifitas siswa dalam mata pelajaran    Biologi   setelah diterapkannya  Portofolio  pada siswa Kelas VII  SMP Negeri…… tahun pelajaran 2011/2012

 

 

UNTUK DAPAT FILE LEBIH LENGKAP BISA HUBUNGI PEMASARAN KAMI 085790351119

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.