Beranda > Pendidikan, PTK > PTK Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012

PTK Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012

April 23, 2013

Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII  MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012

 

 

 

LAPORAN TINDAKAN KELAS

 

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

 

 

 

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten Madiun hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII  MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012

 

Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  SWT

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..

 

 

 

 

 

 

 

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           : Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII  MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012

 

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII  MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

 

ABSTRAK

………………, Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII  MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012

 

 

Kata Kunci: Quantum Teaching

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran Quantum Teaching bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran Quantum Teaching bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsru pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar    Akidah Akhlaq  ? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran    Akidah Akhlaq   dengan diterapkannya metode pembelajaran Quantum Teaching?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar    Akidah Akhlaq . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran    Akidah Akhlaq   setelah diterapkannya pembelajaran Quantum Teaching

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69%), siklus II (79%), siklus III (88%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode Quantum Teaching dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Akidah Akhlaq.

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….
  2. Perumusan Masalah…………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….
  4. Pentingnya Penelitian …………………………………………………………
  5. Definisi Operasional Variabel ……………………………………..
  6. Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian Metode Pembelajaran…………………………………

B. Metode Quantum Teaching…………………………………………

C.. Materi Pembelajaran Akidah Akhlaq Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  SWT

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..
  2. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
  3. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..
  4. Instrumen Penelitian ………………………………………………………….
  5. Metode Pengumpulan Data ………………………………………………..
  6. Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..
  2. Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….
  3. Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………
  2. Saran-saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang Masalah

Anak didik adalah merupakan salah  satu faktor pendidikan yang paling penting, karena tanpa adanya faktor  tersebut maka pendidikan tidak akan berlangsung.

Menurut ajaran Islam dikatakan bahwa pada anak tersebut telah mempunyai pembawaan untuk beragama yang dikenal dengan fitrah, kemudian fitrah tersebut akan berjalan kearah yang benar bilamana memperoleh pendidikan agama dengan baik dan mendapatkan pengaruh yang baik pula dalam lingkungan hidupnya. Rasulullah SAW bersabda :

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah SAW bersabda :”Tidak seorang jua pun bayi yang baru lahir melainkan  dalam keadaan suci. Maka kedu orang tuanyalah yang menyebabkan anak anak itu menjadi  Yahudi, Nasrani dan Musyrik”.

Pendidikan agama yang merupakan bagian terpenting dari pendidikan dalam melestarikan aspek-aspek  sikap dan nilai keagamaan harus dioperasionalkan secara konstruktif dalam masyarakat, keluarga dan diri sendiri. Maka pendidikan agama harus mempunyai tujuan yang berintikan tiga aspek, iman, ilmu dan amal yang merupakan sendi-sendi yang tak terpisahkan.

 

Tujuan yang dimaksud adalah seperti diungkapkan oleh Zakiah Daradjat dalam bukunya Ilmu Pendidikan Islam yaitu sebagai berikut :

  1. Menumbuh suburkan dan mengembangkan serta membentuk sikap positif dan disiplin serta cinta terhadap agama dalam pelbagai kehidupan anak yang nantinya diharapkan akan menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa serta taat kepada perintah-Nya dan perintah Rasul-Nya.
  2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa serta taat kepada perintah-Nya dan Rasul-Nya. Ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya merupakan motivasi instrinsik terhadap  pengembangan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh anak. Berkat pemahaman tentang pentingnya agama dan ilmu pengetahuan, maka anak menyadari keharusan menjadi seorang hamba Allah yang beriman dan berilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mencari ridha Allah SWT dan menambah ketakwaan.
  3. Menumbuhkan dan membina ketrampilan beragama dalam semua lapangan hidup dan kehidupan serta dapat memahami dan menghayati ajaran agama Islam secara mendalam dan bersifat menyeluruh, sehingga dapat digunakan sebagai way of life baik hubungan dengan dirinya, dengan Allah melalui ibadah shalat umpamanya, dalam hubungan sesama manusia yang tercermin dalam akhlak serta dalam hubungan dirinya dengan alam sekitar melalui cara pemeliharaan dan pengolahan alam serta pemanfaatan hasil usahanya.

Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti merasa terdorong untuk mengambil judul “ Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII  MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012”.

 

 

B.   Rumusan Masalah

Merujuk pada uraian latar belakang di atas, dapat dikaji ada beberapa permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut:

  1. Apakah pembelajaran Pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar    Akidah Akhlaq   pada materi Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  SWT Kelas VII  tahun pelajaran 2011/2012?
  2. Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi puasa pelajaran  Akidah Akhlaq   dengan diterapkannya metode Pembelajaran Quantum Teaching pada siswa Sekolah…………. Kelas VII   tahun pelajaran 2011/2012?

 

C. Tujuan Penelitian

Berdasar atas rumusan masalah di atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching terhadap kreatifitas siswa dalam pelajaran  Akidah Akhlaq  pada akhlaq tercela Kelas VII  MTs Negeri….. tahun pelajaran 2011/2012.
  2. Ingin mengetahui seberapa jauh kreatifitas siswa dalam mata pelajaran    Akidah Akhlaq  pada materi Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  SWT setelah diterapkannya Pembelajaran Quantum Teaching pada siswa Kelas VII  MTs Negeri…..

 

 

 

 

D. Pentingnya Penelitian

  1. Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang Pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran   Akidah Akhlaq  pada materi Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  SWT oleh guru Kelas VII  tahun pelajaran 2011/2012.
  2. Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran    Akidah Akhlaq pada materi Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  SWT.
  1. Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
  2. Siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
  3. Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru    Akidah Akhlaq   dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar    Akidah Akhlaq.
  4. Sumbangan pemikiran bagi guru    Akidah Akhlaq   dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar    Akidah Akhlaq.

 

E. Batasan Masalah

Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah meliputi:

  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Sekolah………. Kelas VII  tahun pelajaran 2011/2012.
  2. Penelitian ini dilakukan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012.
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt  SWT.

 

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.