Home > tulisan lepas > PENGELOLAAN KELAS

PENGELOLAAN KELAS

August 16, 2008

PENGELOLAAN KELAS
• Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, memerlukan berbagai keterampilan. Diantaranya adalah kete-rampilan pengelolaan kelas dan keterampilan membelajarkan
• Pengelolaan kelas merupakan keterampilan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, dan mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam proses pembelajaran
PRINSIP PENGELOLAAN KELAS
• Kehangatan dan keantusiasan
• Tantangan
• Bervariasi
• Luwes
• Penekanan pada hal-hal positif
• Penanaman disiplin diri
KETRAMPILAN PENGELOLAAN KELAS
1. Penciptaan dan pemeliharaan iklim pembelajaran yang optimal:
• Menunjukkan sikap yang tanggap: memandang secara seksama, mendekati, memberikan pernyataan, dan memberi reaksi terhadap gangguan di kelas
• Membagi perhatian secara visual dan verbal
• Memusatkan perhatian kelompok dengan cara menyiapkan peserta didik dalam pembelajaran
• Memberi petunjuk yang jelas
• Memberi teguran secara bijaksana
• Memberi penguatan ketika diperlukan
KETRAMPILAN PENGELOLAAN KELAS
2. Keterampilan yang berhubungan dengan pengendalian iklim pembelajaran yang optimal:
• Mengajarkan perilaku baru dengan contoh dan pembiasaan
• Meningkatkan perilaku yang baik melalui penguatan
• Mengurangi perilaku buruk dengan hukuman
• Meningkatkan kerjasama an keterlibatan
• Menangani konflik dan memperkecil masalah yang timbul
• Menemukan dan mengatasi perilaku yang menimbulkan masalah

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN
Keterampilan mengajar yang sangat berperan dan menentukan kualitas pembelajaran:
• Keterampilan bertanya
• Memberi penguatan
• Mengadakan variasi
• Menjelaskan
• Membuka dan menutup pembelajaran
• Proses pembelajaran kelompok kecil dan perorangan
KONDISI YANG KURANG MENDUKUNG PEMBELAJARAN
• Peserta tidak saling mengenal
• Peserta sudah lelah
• Peserta mengantuk
• Nada pembicara monoton
• Suara pembicara lembut/lemah
• Waktu pertemuan setelah makan siang/malam
• Peserta sudah saling mengenal, sehingga cenderung bicara sendiri
• Sifat pertemuan yang sangat formal
• Antipati terhadap pembicara
• Penolakan terhadap setiap ide
AKTIVITAS DALAM PENGELOLAAN KELAS
1. Pembelajaran secara tutorial
2. Pembelajaran melalui ice breaking
A. Aktivity
B. Song
C. Game for training
ICE BREAK
• Adalah cara untuk membuat peserta pelatihan, seminar, dan pertemuan menjadi terkonsentrasi
• Peralihan situasi dari yang membosankan, mengantuk, menjenuhkan, dan tegang menjadi suasana yang rileks, bersemangat, tidak membuat mengantuk, serta ada perhatian
ICE BREAK
• Bingo, Mirror, Kejelian, Tebak Tanggal dan Bulan Lahir, Brain Teaser.

Sumber :
BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DAN PEMUDA REGIONAL IV
JL. GEBANG PUTIH NO. 10 SURABAYA
TELP. (031) 5925972 – 5945101

Categories: tulisan lepas