PTK SKI MI
ADA DUA PTK SKI
- Penggunaan Methode Artikulasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dalam Mata Pelajaran SKI Di Madrasah Ibtidiyah ……………..
- Implementasi Metode Sosio Drama Dan Bermain Peranan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas ………… Tahun Pelajaran….
HUBUNGI BAGIAN PEMASARAN
+6285790351119
PTK SKI : 1 | ||
PENGGUNAAN METHODE ARTIKULASI
UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN SKI DI MADRASAH IBTIDIYAH …………….. KARYA ILMIAH OLEH: …………………… MADRASAH IBTIDAIYAH ………………… DEPARTEMEN AGAMA RI 2009 |
||
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah disetujui dan disayhkan untuk melengkapi perpustakan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah dan dpat diajukan sebagai salah satu karya Ilmiyah untuk pengajuan Lomba Guru Madrasah Berprestasi dan Guru PAI Berprestasi Tahun 2009.
|
||
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah swt, karena limpahan nikmat dna hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan penyusunan karya ilmiah ini dengan judul “Penggunaan Methode Artikulasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dalam Mata Pelajaran SKI Di Madrasah Ibtidiyah ………………………. Madiun”, penulisan karya ilmiah in kami susun untuk dipakai sebagai prasyarat mengikuti Lomba Guru Madrasah Berprestasi dan Guru PAI Berprestasi Tahun 2009. Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih kami ucapkan dengna tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
Penulis menyadari bahwa penulsian karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan. Penulis |
||
ABSTRAK
Kata Kunci: Pengetahun Sosial, Pembelajaran Model Artikulasi Proses pembelajaran memiliki keunikan tersendiri. Siswa yang menjadi bagian dari system pembelajaran tidak hanya berperan sebagai byek pendidikan, melainkan berperan juga sebagai subyek pendidikan. Perlakuan terhadap siswa ini yan gmenajdikan mereka bisa lebih mandiri dalam belajar, lebih aktif dan lebih punya kreatifitas alam mengembangkan materi yang telah disampaikan guru. Hal ini mendorng terciptanya methodelogi pembelajaran secara artikulasi, guna memberikan ruang yang cukup untuk perkembangan kemampuan dan kreatifitas siswa. Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah : (a) Apakah pembelajaran methode artikulasi berpegnaruh terhadap hasil belsjar siswa dalam mata pelajaran SKI? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi peljaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan diterapkannya methode Artikulasi pada siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran methode artikulasi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI. (b) Ingin mengetahui seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan diterapkannya methode Artikulasi pada siswa. Penelitian in menggunakan penelitian tindakan kelas (actin Classroom research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat ahap yaitu: Rancangan kegiatan dan pegnamatan refleksi, dan revisi. Sasaran penelitan ini adlaah siswa kelas V ……………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes fomatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalamai peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu siklus 1 (62.5 %), siklus 2 (70.83%) dan siklus 3 (87.5%). Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran model artikulasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. |
||
DAFTAR ISI
Halaman Judul…………………………………………………………………………………………….. i Halaman Pengesahan……………………………………………………………………………………. ii Kata Pengantar………………………………………………………………………………………….. iii Abstrak……………………………………………………………………………………………………. iv Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………… v BAB I……. PENDAHULUAN
BAB II…… KAJIAN PUSTAKA
BAB III….. METHODELOGI PENELITIAN
BAB IV….. HASIL PENELITIAN DAN PEBAHASAN
BAB V…… PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA |
||
BAB I
PENDAHULUAN
Proses belajar mengajar adalah sebuah proses transformasi ilmu yang dilakukan secara sistematis dan terencana. Adakalanya dalam proses ini mengalami banyak kendala seiring dengan tujuan yang ingin dicapai. Standart keberhasilan dari sebuah proses belajar tentu saja banyak dipengaruhi oleh banyak factor. Ada beberapa factor yang ada dan wajib ada dalam sebuah proses belajar mengajar. Diantaranya adalah pengajar (SDM) system dan obyek pembelajaran. Dalam hal ini obyek pembelajaran bisa dikatakan sebagai anak didik. Hal ini tentu saja tidak semua pihak dan para pakar setuju menganggap anak didik sebagai obyek pembelajaran saja. Karena pada dasarnya Belajar merupakan proses membangun pemahaman/pemaknaan terhadap informasi dan atau pengalaman siswa. …………………………………………………… …………………………………………………… …………………………………………………… …………………………………………………… …………………………………………………… …………………………………………………… TO BE CONTINUED HUBUNGI BAGIAN PEMASARAN +6285790351119 |
bagaimana jika dikirim ke gmail aku lalu uangnya saya transfer. ok
harganya berapa?