Beranda > Pendidikan, PTK > PTK Bahasa Inggris

PTK Bahasa Inggris

April 15, 2010

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar,melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan.

Untuk mendapatkan File lengkapnya bisa hbungi bagian pemasaran kami di +6285790351119

STRATEGI METODE PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS ………………………………………………………

TAHUN 2003/2004

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

……………………………

NIP: …………………………..

DINAS PENDIDIKAN …………..

………………………………………………….

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IVa ke IVb.

…………………………

Kepala Sekolah                                              Penulis

Mengetahui                                                                      Mengetahui

Pustakawan ……………….                                        Kepala Cab. Din. Pendidikan

Kecamatan …………                                                       Kecamatan ………..

Mengetahui                                                                     Mengetahui

Kepala Dinas Pendidikan                                                        Ketua  P G R I

Kota ……..                                                                      Kota ………….

Pembina Utama Muda                                                         NPA:

NIP: ………………….

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Strategi Metode Pengajaran Autentik Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa ………………………….. Tahun Pelajaran 2003/2004”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
  2. Yth. Ketua PGRI Kota ………………
  3. Yth. Rekan-rekan Guru…………………………………….
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

ABSTRAK

……………….i, 2003. Strategi Metode Pengajaran Autentik Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas ……………………….Tahun Pelajaran 2003/2004

Kata Kunci: Bahasa Inggris, metode pengajaran autentik

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar,melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pengajaran autentik pada siswa Kelas ………………………………………. Tahun Pelajaran 2003/2004? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode pengajaran autentik terhadap motivasi belajar Pengetahuan Sosial pada siswa Kelas …………………………………….. Tahun Pelajaran 2003/2004?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris setelah diterapkannya metode pengajaran autentik pada siswa Kelas ………………………………………….. Tahun Pelajaran 2003/2004. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Bahasa Inggris setelah diterapkan metode pengajaran autentik pada siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2003/2004.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas …………………………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,42%), siklus II (78,95%), siklus III (89,47%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran autentik dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar ……………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Inggris.

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….
  2. Rumusan Masalah ……………………………………………………………..
  3. Tujuan Penelitian ………………………………………………………………
  4. Manfaat Penelitian  ……………………………………………………………
  5. Penjelasan Istilah  ………………………………………………………………
  6. Batasan Masalah ………………………………………………………………..

BAB      II       KAJIAN PUSTAKA

  1. Memperkenalkan Belajar Aktif …………………………………………….
  2. Bagaimanakah Otak Bekerja ……………………………………………….
  3. Gaya Belajar ……………………………………………………………………..
  4. Sisi Sosial Proses Belajar …………………………………………………….
  5. Pengajaran Autentik …………………………………………………………..

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
  2. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..
  3. Instrumen Penelitian  …………………………………………………
  4. Metode Pengumpulan Data …………………………………………………
  5. Teknik Analisis Data   ………………………………………………………..

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisis Item Butir Soal  ……………………………………………………..
  2. Analisi Data Penelitian Persiklus  ………………………………………..
  3. Pembahasan ……………………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………
  2. Saran ……………………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

Judul-Judul PTK Bahasa Inggris Lainnya yang bisa dipesan antara lain:

Membangun Pemahaman dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan Pada Siswa Kelas ……………
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation(GI) Pada Siswa Kelas ………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Strategi Metode Pengajaran Autentik Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas………………….Tahun Pelajaran 2003/2004
Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas…………………..Tahun Pelajaran 2005/2006.”
Model Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas …………………………………. Tahun Pelajaran 2005/2006
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa ………………………………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Sekolah Dasar
Meningkatkan Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TAPPS  Pada Siswa Kelas ………………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002
Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS  Pada Siswa Kelas…………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.

judul lain:
Membangun Pemahaman dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan Pada Siswa Kelas ……………
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation(GI) Pada Siswa Kelas ………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Strategi Metode Pengajaran Autentik Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas………………….Tahun Pelajaran 2003/2004
Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas…………………..Tahun Pelajaran 2005/2006.”
Model Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas …………………………………. Tahun Pelajaran 2005/2006
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa ………………………………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Sekolah Dasar
Meningkatkan Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TAPPS Pada Siswa Kelas ………………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002
Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas…………………… Tahun Pelajaran 2004/2005
.



INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119

About these ads
  1. Belum ada komentar.
Komentar ditutup.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.