Home > Pendidikan, PTK > PTK CTL

PTK CTL

January 21, 2011

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
QUR’AN HADIST DENGAN MENERAPKAN
MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual
Teaching and Learning)
PADA SISWA KELAS… MADRASAH…
KECAMATAN ……
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

 

 

 

 

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh Sertifikasi Guru

OLEH
……………………………
NIP: ……………………

MADRASAH…….
KECAMATAN ……
KABUPATEN ……

LEMBAR PENGESAHAN

1. Judul : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Qur’an Hadist Dengan Menerapkan Model Pengajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas…. madrasah ……. Kecamatan …… Tahun Pelajaran 2009/2010.
2. Identitas Peneliti :
Nama : ……………
NIP : …………….
Gol/Ruang : …………..
Jabatan : …………..
Unit Kerja : MADRASAH …….
3. Lokasi Penelitian : MADRASAH …….
4. Lama Penelitian : 2 Bulan

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Disahkan Pada Tanggal : 10, Oktober 2009

Kepala Sekolah

…………………..
NIP. …………………

LEMBAR PUBLIKASI

1. Judul : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Qur’an Hadist Dengan Menerapkan Model Pengajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas…. Madrasah ……. Kecamatan …… Tahun Pelajaran 2009/2010.
2. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : ……………..
Gol/Ruang : …………………
Jabatan : …………………….
Unit Kerja : MADRASAH …….
3. Lokasi Penelitian : MADRASAH …….
4. Lama Penelitian : 2 Bulan

Diserahkan Untuk Diplublikasikan
Di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Betek
Kecamatan …… Kabupaten ……

…… , 10 Oktober 2009
Petugas Pustaka

……………….

KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.
Karya ilmiah yang berjudul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Qur’an Hadist Dengan Menerapkan Model Pengajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas…. Madrasah ……. Kecamatan …… Tahun Pelajaran 2009/2010 ini, disusun untuk memenuhi persyaratan Sertifikasi Guru.
Dalam penyusunan dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1. Yth. Kepala Sekolah Madrasah ……. Kecamatan ……
2. Yth. Rekan-rekan Guru di Madrasah ……. Kecamatan ……
3. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai
Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.

…… , 10 Oktober 2009

Peneliti

ABSTRAK

…………………, 2001. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Qur’an Hadist Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa ………………………………. Tahun Pelajaran 2001/2002
Kata Kunci: pembelajaran PAI, kooperatif model Contextual Teaching and Learning

Dari beberapa model pembelajaran yang ada, model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran CTL. Pembelajaran CTL adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa. Dalam pembelajaran ini siswa harus dapat mengembangkan ketrampilan dan pemahaman konsep matematika untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Qur’an Hadist ? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Qur’an Hadist dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Contextual Teaching and Learning ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Qur’an Hadist. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Qur’an Hadist setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Contextual Teaching and Learning
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas ……………………………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Contextual Teaching and Learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………………….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Qur’an Hadist.

DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul i
Lembar Pengesahan ii
Lembar Publikasi iii
Kata Pengantar iv
Abstrak v
Daftar Isi vi
Daftar Lampiran vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 4
C. Tujuan Penelitian 4
D. Manfaat Penelitian 4
E. Definisi Operasional Variabel 5
F. Batasan Masalah 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Definisi Pembelajaran 7
B. Motivasi Belajar 8
C. Meningkatkan Motivasi Belajar 13
D. Model Pembelajaran Teaching and Learning 14
BAB III METODOLOGI PENELITIAN 17
A. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian 18
B. Rancangan Penelitian 19
C. Alat Pengumpul Data 22
D. Analisis Data 23
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 24
A. Hubungan Pembelajaran Model Contextual Teaching and Learning
Dengan Ketuntasan Belajar 24
B. Pembahasan 32
BAB V SIMPULAN DAN SARAN 34
A. Simpulan 34
B. Saran 35
DAFTAR PUSTAKA 36
LAMPIRAN-LAMPIRAN



INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119