Home > Pendidikan, PTK, Sertifikasi > PENERAPAN PEMBALAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR PADA SISWA KELAS.……

PENERAPAN PEMBALAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR PADA SISWA KELAS.……

April 6, 2011

PENERAPAN PEMBALAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR PADA SISWA KELAS ……

TAHUN PELAJARAN…..

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

 

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

 

 


HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten Madiun hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           :  Penerapan Pembalajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas V SDN……

 

……………20…

Kepala Sekolah

 

 

……………

NIP. …………………..

 

 


HALAMAN PUBLIKASI

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :  ………………

NIP                             :  …………………..

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :

4.   Judul                           :  Penerapan Pembalajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas V SDN……

 

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

 

 

……………… 20….

Pustakawan

 

 

………………

NIP. ………………….

 


KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Pembalajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas V SDN……, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………

2.      Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..

3.      Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

 

Penulis

 

 

ABSTRAK

………………,.Penerapan Pembalajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas V SDN……

 

Kata Kunci: media surat kabar

Surat kabar merupakan media yang sering kali ditemui siswa dalam kehidupannya. Kemudahan dalam menemukan media ini seiring dengan mudahnya siswa dalam menelaah dan memahami mata pelajaran bahasa Indonesia dalam proses KBM.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran dengan media surat kabar   berpengaruh terhadap hasil belajar    Bahasa Indonesia ? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran    Bahasa Indonesia    dengan diterapkannya metode Pembelajaran dengan media surat kabar  ?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran dengan media surat kabar   terhadap hasil belajar    Bahasa Indonesia  . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran    Bahasa Indonesia    setelah diterapkannya Pembelajaran dengan media surat kabar

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan media surat kabar  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Bahasa Indonesia .

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….

B.     Perumusan Masalah…………………………………………………………….

C.     Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….

D.    Pentingnya Penelitian …………………………………………………………

E.     Definisi Operasional Variabel ……………………………………..

F.      Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Hasil Belajar    Bahasa Indonesia    ………………………………………

B. Pengajaran Kooperatif  ………………………………………………………

C. Metode TAPPS…………………………………………………………

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.    Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..

B.     Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..

C.     Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..

D.    Instrumen Penelitian ………………………………………………………….

E.     Metode Pengumpulan Data ………………………………………………..

F.      Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..

B.     Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….

C.     Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………

B.     Saran-saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

 

INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119