Beranda > IPTEK, Pendidikan, PTK, Sertifikasi > PTK PAI : APLIKASI YEL-YEL MOTIVASI SEBAGAI STRATEGI REENFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA kelas…..

PTK PAI : APLIKASI YEL-YEL MOTIVASI SEBAGAI STRATEGI REENFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA kelas…..

April 6, 2011

APLIKASI YEL-YEL MOTIVASI SEBAGAI STRATEGI REENFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA kelas…..

TAHUN PELAJARAN 20XX/20XX

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  ……….

 

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

 

 

 

 

SISWA Sekolah…………

KECAMATAN……….

KABUPATEN……….

 


LEMBAR PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN…  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :

NIP                             :

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           :  Aplikasi Yel-Yel Motivasi Sebagai Strategi Reenforcement Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas 3 Tahun Pelajaran 20xx/20xx

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat …….

 

……..,  …………………

Kepala Sekolah

 

…………………….

NIP. ……………………

 

 

HALAMAN PUBLIKASI

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN……………  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         :

Nama                           :

NIP                             :

Unit Kerja                   :

2.   Lokasi Penelitian         :

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           :  Aplikasi Yel-Yel Motivasi Sebagai Strategi Reenforcement Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas 3 Tahun Pelajaran 20xx/20xx

 

………,  ………….

Pustakawan

 

 

…………………….

NIP. ……………………

 

 

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Aplikasi Yel-Yel Motivasi Sebagai Strategi Reenforcement Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas 3 Tahun Pelajaran 20xx/20xx, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………………….

2.      Yth. Ketua PD II PGRI ………………………….

3.      Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………….

4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

 

 

ABSTRAK

…………………., 200X. Aplikasi Yel-Yel Motivasi Sebagai Strategi Reenforcement Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas 3 Tahun Pelajaran 20xx/20xx

Kata Kunci: Yel-Yel Motivasi

Media pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement telah terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement (seperti gambar diam, gambar bergerak, televise, objek tiga dimensi, mempunyai hubungan positif yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement merupakan media pembelajaran yang cukup baik dan efisien.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran Pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement? (b) Bagaimanakah pengaruh metode metode pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement pada anak terhadap prestasi siswa Siswa Sekolah…?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement. (b) Ingin mengetahui pengaruh prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ……… Data yang diperoleh berupa hasil tes  formatif  , lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I = 59.0 %, Siklus II, 72.7%, Siklus III, 95.4%

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement dapat berpengaruh positif terhadap prestasi Siswa Kelas 3 Sekolah………………………………., serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI.


DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….

Lembar Pengesahan ……………………………………………………………………………………..

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang  Masalah …………………………………………………….

B.     Perumusan Masalah…………………………………………………………….

C.     Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….

D.    Manfaat Penelitian …………………………………………………………….

E.     Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian Prestasi Belajar………………………………………….

C.  Metode Pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement

D. Hubungan Methode Pembelajaran dengan yel-yel motivasi sebagai strategi reenforcement dengan Prestasi Belajar Siswa Siswa Sekolah…

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..

B.     Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..

C.     Instrumen Penelitian ………………………………………………………….

D.    Metode Pengumpulan Data  ……………………………………………….

E.     Teknik Analisis Data ………………………………………………………….

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..

B.     Analisis Data Penelitian Persiklus  ……………………………………….

C.     Pembahasan ……………………………………………………………..

BAB     V      PENUTUP

A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………

B.     Saran ……………………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA

INGIN DAPAT FILE LENGKAP HUBUNGI 085790351119

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.