Home > kenaikan golongan guru, Pendidikan, PTK > PTK AL QUR’AN HADITS : Implementasi Pembelajaran Advace Organizer Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Hadits Materi Mad Silah Pada Kelas IX MTs

PTK AL QUR’AN HADITS : Implementasi Pembelajaran Advace Organizer Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Hadits Materi Mad Silah Pada Kelas IX MTs

January 10, 2014

ingin file lengkap? hubungi 085790351119

images

Implementasi Pembelajaran Advace Organizer Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Hadits Materi Mad Silah Pada Kelas IX MTs Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh Sertifikasi Guru

OLEH :
………………..
NIP. ………………..

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….. Kabupaten Madiun hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Implementasi Pembelajaran Advace Organizer Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Hadits Materi Mad Silah Pada Kelas IX MTs Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013

……………20…
Kepala Sekolah

……………
NIP. …………………..

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…. hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Implementasi Pembelajaran Advace Organizer Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Hadits Materi Mad Silah Pada Kelas IX MTs Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

……………… 20….
Pustakawan

………………
NIP. ………………….

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul Implementasi Pembelajaran Advace Organizer Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Hadits Materi Mad Silah Pada Kelas IX MTs Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK
………………, Implementasi Pembelajaran Advace Organizer Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Hadits Materi Mad Silah Pada Kelas IX MTs Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013

Kata Kunci: Al Qur’an Hadits
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Advace Organizer berpengaruh terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadits ? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Al Qur’an Hadits dengan diterapkannya metode Pembelajaran Advace Organizer ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Advace Organizer terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadits . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Al Qur’an Hadits setelah diterapkannya Pembelajaran Advace Organizer
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (72%,), siklus II (80%), siklus III (93%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode Advace organizer dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar SiswaKelas IX, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Al Qur’an Hadits .

DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Perumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Pentingnya Penelitian
E. Definisi Operasional Variabel
F. Batasan Masalah
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Pembelajaran Al Qur’an Hadits
B. Advance Organizer
C. Materi Al Qur’an Hadits
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Bentuk Penelitian Tindakan
B. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian
C. Rancangan Penelitian
D. Instrumen Penelitian
E. Metode Pengumpulan Data
F. Teknik Analisis Data
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisi Item Butir Soal
B. Analisis Data Penelitian Persiklus
C. Pembahasan
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA

Advertisements