Baca Juga:

judul lain:==== >>>> UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TAMAN KANAK-KANAK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning)

Lihat Juga PTK terbaru PTK TK model Atraktif

=====================================================

=====================================================

Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran.

Jika anda ingin file utuh tentang PTK ini, anda bisa hubungi bagian pemasaran via sms/call di 082143654619     atau +6285790351119

PENGGUNAAN BUKU BESAR (BIG BOOK) DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK…………………………… 

TAHUN PELAJARAN 200X/2008

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

……………………………

NIP: ……………………………

DINAS PENDIDIKAN…………..….

KABUPATEN…………..….

200X

KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.

Karya ilmiah yang berjudul “Penggunaan Buku Besar (Big Book) Dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Anak Di Taman Kanak-Kanak……” ini, disusun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari IV/a ke IV/b.

Dalam penyusunan dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten …
  2. Yth. Ketua PGRI Kabupaten …
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai

Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.

……..…, Mei 200X

Peneliti

ABSTRAK

…, 200X. Penggunaan Buku Besar (Big Book) Dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Anak Di Taman Kanak-Kanak……

Kata Kunci: belajar membaca, big book

Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Jenis-jenis kegiatan apakah yang dapat dilakukan guru dalam pelaksanaan strategi Big Book …? (b) Bagaimana membuat Big Book yang sesuai dengan budaya dan perkembangan anak di Tama Kanak-Kanak Indonesia ……?(c) Bagaimana menerapkan model pengajaran Big Book tersebut di Taman Kanak-Kanak Indonesia ………….?.

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: mengembangkan model pengajaran berdasarkan strategi Big Book dan mencari alternatif penerapannya di Taman Kanak-Kanak Indonesia. Di samping itu tujuan lain dari penelitian ini adalah menambah alternatif media pengajaran bahasa yang sesuai dengan situasi dan kondisi Taman Kanak-Kanak Indonesia.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas … Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (……) siklus II (…..)

Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran menggunkan big book dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa taman kanak-kanak …. , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di taman kanak-kanak

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul ……………………………………………………………………….

Lembar Pengesahan ……………………………………………………………………………………….

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………..

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………..

Daftar Lampiran ……………………………………………………………………………………………

BAB  I       PENDAHULUAN ………………………………………………………………………..

  1. Latar Belakang Masalah ……………………………………………………………
  2. Rumusan Masalah …………………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian ………………………………………………………………………
  4. Kegunaan Penelitian ………………………………………………………………….
  5. Batasan Masalah ……………………………………………………………..

BAB  II      TINJAUAN PUSTAKA ………………………………………………………..

  1. Hakikat Pendidikan ………………………………………………………….
  2. Definisi Pembelajaran………………………………………………………..
  3. Big Book ……………………………………………………………………….

BAB  III     METODOLOGI PENELITIAN ……………………………………………..

  1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
  2. Rancangan Penelitian ………………………………………………………..
  3. Alat Pengumpul Data ………………………………………………………..
  4. Analisis Data …………………………………………………………………..

BAB  IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………………………….

  1. Hasil Penelitian dan Pembahasan………………………………………….

BAB  V      KESIMPULAN DAN SARAN ………………………………………………

  1. Kesimpulan …………………………………………………………………….
  2. Saran …………………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………