File Lengkap Wa ke 0857-9035-1119

Penerapan Metode Informasi Search Guna Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab dalam Tema نزول القرأن pada Siswa Kelas IX Mts Negeri……………..Tahun Pelajaran 2021/2022

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Kenaikan Tingkat guru Guru

OLEH :

………………..

NIP. ………………..

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten …………. hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         : 

      Nama                           :  ………………

      NIP                             :  …………………..

      Unit Kerja                   : 

2.   Lokasi Penelitian        : 

3.   Lama Penelitian          : 

4.   Judul                           : Penerapan Metode Informasi Search Guna Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab dalam Tema نزول القرأن pada Siswa Kelas IX Mts Negeri……………..Tahun Pelajaran 2021/2022

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         : 

      Nama                           :  ………………

      NIP                             :  …………………..

      Unit Kerja                   : 

2.   Lokasi Penelitian        : 

3.   Lama Penelitian          : 

4.   Judul                           : Penerapan Metode Informasi Search Guna Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab dalam Tema نزول القرأن pada Siswa Kelas IX Mts Negeri……………..Tahun Pelajaran 2021/2022

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Kenaikan Tingkat guru Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah ….. 

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul Penerapan Metode Informasi Search Guna Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab dalam Tema نزول القرأن pada Siswa Kelas IX Mts Negeri……………..Tahun Pelajaran 2021/2022, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

            Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                                         

                Penulis

ABSTRAK

………………, Penerapan Metode Informasi Search Guna Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab dalam Tema نزول القرأن pada Siswa Kelas IX Mts Negeri……………..Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata Kunci: Bahasa Arab

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode Pembelajaran Metode Informasi Reaseach  bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode Informasi Reaseach  berpengaruh terhadap hasil belajar    Bahasa Arab pada Siswa Kelas IX? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran    Bahasa Arab   dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Informasi Reaseach pada Siswa Kelas IX ?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Informasi Reaseach  terhadap hasil belajar    Bahasa Arab pada Siswa Kelas IX. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran    Bahasa Arab   setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Informasi Reaseach pada Siswa Kelas IX.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action search) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66%,), siklus II (74%), siklus III (89%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode  Metode Informasi Reaseach  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IX, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Bahasa Arab.