Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Tari Materi Kreasi Non etnik Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Non-Directive Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri……. Tahun Pelajaran 2012/2013

INGIN FILE LENGKAP PTK INI? HUBUNGI 085790351119

membaca

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh Sertifikasi Guru

OLEH :
………………..
NIP. ………………..

DINAS PENDIDIKAN KOTA ….

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….. Kabupaten Madiun hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Tari Materi Kreasi Non etnik Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Non-Directive Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri……. Tahun Pelajaran 2012/2013

……………20…
Kepala Sekolah

……………
NIP. …………………..

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…. hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Tari Materi Kreasi Non etnik Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Non-Directive Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri……. Tahun Pelajaran 2012/2013
Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..

……………… 20….
Pustakawan

………………
NIP. ………………….

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Tari Materi Kreasi Non etnik Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Non-Directive Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri……. Tahun Pelajaran 2012/2013, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK
………………, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Tari Materi Kreasi Non etnik Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Non-Directive Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri……. Tahun Pelajaran 2012/2013

Kata Kunci: Seni Tari
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode Non-Directive berpengaruh terhadap hasil belajar Seni Tari? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Seni Tari dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Non-Directive ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Non-Directive terhadap hasil belajar Seni Tari . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Seni Tari setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Non-Directive
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (57%), siklus II (76%), siklus III (90%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode Non-Directivet dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Seni Tari.

DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Perumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Pentingnya Penelitian
E. Definisi Operasional Variabel
F. Batasan Masalah
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Pembahasan Tentang Penguatan (Non-Directivet)
B. Tinjauan Tentang Motivasi Belajar
C. Materi Seni Tari
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Bentuk Penelitian Tindakan
B. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian
C. Rancangan Penelitian
D. Instrumen Penelitian
E. Metode Pengumpulan Data
F. Teknik Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisi Item Butir Soal
B. Analisis Data Penelitian Persiklus
C. Pembahasan
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA