UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH…
KEC…. /KAB. …….
KARYA TULIS
Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
…………….
OLEH :
………..
NIP. ………………..
SEKOLAH…………..
KECAMATAN …………..
KABUPATEN ………….
LEMBAR PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan Sekolah….. Kec./Kab. Madiun, hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama :
NIP :
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian : 1 Bulan
4. Judul : Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pembiasaan di Sekolah……. Kec………/Kab. …….. Tahun Pelajaran 2010/2011.
Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat pengajuan Kepala Sekolah Berprestasi.
Madiun, …… September 2010
Kepala Sekolah
……..
NIP…………
HALAMAN PUBLIKASI
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan Sekolah ………… karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama :
NIP :
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian : 3 Bulan
4. Judul : Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pembiasaan di Sekolah……. Kec………/Kab. …….. Tahun Pelajaran 2010/2011.
Madiun, ….. September 2010
Kepala Perpustakaan
………..
NIP. ………………..
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pembiasaan di Sekolah……. Kec………/Kab. …….. Tahun Pelajaran 2010/2011, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
………………, 2011. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pembiasaan di Sekolah……. Kec………/Kab. …….. Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci: PAI, Pembiasaan
Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsru pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Pengembangan Pembiasaan berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan diterapkannya metode pembelajaran Pengembangan Pembiasaan ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Pengembangan Pembiasaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya pembelajaran Pengembangan Pembiasaan
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas …………… Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode Pengembangan Pembiasaan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Pendidikan Agama Islam.