Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013
LAPORAN TINDAKAN KELAS
Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh Sertifikasi Guru
OLEH :
………………..
NIP. ………………..
DINAS PENDIDIKAN KOTA ….
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….. Kabupaten Madiun hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013
……………20…
Kepala Sekolah
……………
NIP. …………………..
HALAMAN PUBLIKASI
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…. hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013
Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..
……………… 20….
Pustakawan
………………
NIP. ………………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
- Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
- Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
- Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
………………, Upaya Meningkatkan Kemampuan mengolah Teks Corel Draw Dengan Menerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri………… Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi
Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode Pembelajaran Metode Tutor Sebaya bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode Tutor Sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Tutor Sebaya ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Tutor Sebaya
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII. Data yang diperoleh berupa hasil tes Psikomotor, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69%), siklus II (81%) dan siklus III (93%)
Simpulan dari penelitian ini adalah metode Konstruktifistik dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Teknologi Informasi dan Komunikasi.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul …………………………………………………………………………………….
Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………
Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….
Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….
Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….
BAB ….. I PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah …………………………………………………….
- Perumusan Masalah…………………………………………………………….
- Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….
- Pentingnya Penelitian …………………………………………………………
- Definisi Operasional Variabel ……………………………………..
- Batasan Masalah ……………………………………………………………….
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
- Memori……………………………………………………………………..
- Metode Tutor Sebaya …………………………………………………
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
- Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..
- Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
- Rancangan Penelitian ………………………………………………………..
- Instrumen Penelitian ………………………………………………………….
- Metode Pengumpulan Data ………………………………………………..
- Teknik Analisis Data ………………………………………………………….
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
- Analisi Item Butir Soal ……………………………………………………..
- Analisis Data Penelitian Persiklus ……………………………………….
- Pembahasan ……………………………………………………………..
BAB V PENUTUP
- Kesimpulan ………………………………………………………………………
- Saran-saran ……………………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA
HUBUNGI : 085790351119
kalau penelitian teknik bisa ngak ???