File Lengkap Bisa WA ke 085790351119

Pengaruh Kedisiplinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah ………….. Tahun Pelajaran 2019/2020

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

…………………….

NIP: ………….

PEMERINTAHAN ….

DINAS PENDIDIKAN…..

……….

LEMBAR PENGESAHAN

1.    Judul                           :  Pengaruh Kedisiplinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah ………….. Tahun Pelajaran 2019/2020

2.   Identitas Peneliti           : 

        Nama                                    :   .

        NIP                                         :   .

      Gol/Ruang                   :  …

      Jabatan                        :  …

      Unit Kerja                    :  …

3.   Lokasi Penelitian          :  …

4.   Lama Penelitian           :  ..

5.   Biaya Penelitian           :  …

Petugas Pustaka     …….. NIP : ….Peneliti     …. NIP: ….

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Berkat hidayah  dan  rahmat-Nya,  kami  dapat  menyelesaikan  laporan  penelitian  ini. Shalawat salam tercurah kepada junjunan kita nabi Muhammad SAW, panutan dan blueprint seorang mukmin sejati. Semoga kita dapat menjadi ummat beliau yang sebenarnya.

Penelitian Tindakan Sekolah ini kami susun sebagai rasa kepedulian kami terhadap masa depan pendidikan dan demi terselenggaranya pembelajaran yang terarah dan terpadu. Sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan perencanaan yang matang akan sangat berbeda hasilnya dengan pekerjaan yang tidak direncanakan. Pekerjaan  yang  terencana  secara  baik,  akan  membuahkan  sebuah  hasil  dan pencapaian tujuan yang lebih baik dan lebih akurat.

Selain  perencanaan,  pengawasan  yang  baik  dan  konsturktif  juga  sangat penting. Hal ini dikarenakan sifat manusiawi yang malas dan tidak mau rumit. Dengan pengawasan yang baik dan konstruktif, sebuah rencana yang matang akan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana. Akibatnya hasilnya pun pasti akan sesuai  rencana.  Walaupun  dalam  prosesnya  akan  selalu  perlu  perubahan dan perbaikan.

Sebagai rasa syukur kami karena selesainya penyusunan laporan penelitian ini,  kami  ucapkan  terima  kasih  kepada  pihak-pihak  yang  telah  mendukung diantaranya adalah:

1. Pengawas Pembina ……

2. Wakil Kepala Sekolah ……..

3. Dewan guru …………

5. Semua pihak yang tidak dapat kami ucapkan satu-persatu.

Akhirnya,   penyusun   berdoa.   Semoga   semua   bantuan   yang   diberikan, mendapat  imbalan  yang  luar  biasa  dari  Allah  SWT.  Tiada  manusia  yang sempurna. Kami butuh kritik dan saran.

ABSTRAKSI

Sulaiman, S.Pd 2018 Pengaruh Kedisiplinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah ………….. Tahun Pelajaran 2019/2020

Penelitian ini mengungkap tentang Pengaruh Kedisiplinan Kepala Sekolah
Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah………………… Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (a) Bagaimana Kedisiplinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Di Sekolah………………… (b)Apakah ada Pengaruh Kediplinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah………………….

Dari Kedisiplinan Kepala Sekolah, berpengaruh terhadap Kinerja Guru Di Sekolah, hal ini ditandai dengan adanya kenaikan signifikan pada tiap siklusnya, siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Hal ini menunjukkan ada pengaruh Pengaruh Kedisiplinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah …………..

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………………….

Lembar Pengesahan ……………………………………………………………………………………..

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ………………………………………………………………………………………………………

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB I …. PENDAHULUAN ………………………………………………………………………..

  1. Latar Belakang Masalah ………………………………………………………….
  2. Rumusan Masalah ………………………………………………………………….
  3. Tujuan Penelitian ……………………………………………………………………
  4. Batasan Masalah …………………………………………………………….

BAB II… KAJIAN PUSTAKA …………………………………………………………….

  1. Hakekat Kedisiplinan………………………………………………………
  2. Deskripsi Kedisiplianan Kepala Sekolah……………………………
  3. Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Kedisiplinan Kepala Sekolah  
  4. Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Kedisiplinan Kepala Sekolah  
  5. Deskripsi Profesinalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah……
  6. Deskripsi Kinerja Guru…………………………………………………….
  7. Deskripsi Guru. ………………………………………………………………
  8. Dikripsi Kinerja Guru………………………………………………………

BAB III.. METODOLOGI PENELITIAN ……………………………………………..

  1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian …………………………….
  2. Rancangan Penelitian ……………………………………………………..
  3. Alat Pengumpul Data ……………………………………………………..
  4. Analisis Data …………………………………………………………………

BAB  IV… HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisis Per Siklus…………………………………………………………..
  2. Pembahasan …………………………………………………………………..

BAB  V….. SIMPULAN DAN SARAN …………………………………………………

  1. Simpulan ……………………………………………………………………….
  2. Saran …………………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA            

BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan atau tempat
berlangsungnya proses pendidikan seperti proses belajar mengajar, mendidik, danmembimbing yang mana didalamnya terdapat unsusr-unsur manajerial yang selalumengelola, mengorganisir, merencanakan dan mengawasi segala apa yang terjadidilembaga tersebut, agar pelaksanaan pendidikan dapat berjalan dengan baik danmencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, semua komponen dan sisitemmanajerial dalam lembaga tersebut sehingga sudah sepantasnya peran manajerialdilaksanakan oleh kepala sekolah sebagai puncak pimpinan tertinggi maka
kepemimpinan kepala sekolah merupakan penggerak bagi para bawahannya yaknipara dewan guru disekolah beserta staf tata usaha.

Demikian besarnya peran kepala sekolah dalam menentukan tujuan
pendidikan maka kepala sekolah harus selalu memberikan dorongan dan motivasipada bawahanya karena kepala sekolah merupakan penggerak bagi para bawahanyadalam meningkatkan kinerja mereka untuk mencapai tujuan pendidikan guru sebagaitenaga pendidik disekolah dan sebagai manusia biasa yang tidak perna luput dari rasajenuh yang akan berimbas dalam kemalasan menjalankan tugasnya sebagai tenagapengajar namun setidaknya peran kepala sekolah sebagai motivator dapat menimalisirsegala kejenuhan yang dialami para bawahan dan bagaiman peran kepala sekolah enciptakan iklim kinerja yang baik antar guru dan kepala sekolah, kejenuhan yang
terjadi dalam diri seorang guru boleh jadi karena faktor dari kepemimpinan kepalasekolah yang tidak mampu menciptakan iklim kerja yang baik
Dalam dunia pendidikan formal tersebut tentu kita telah mengetahui bersamabahwa yang dimaksud bawahan adalah guru ataupun tenaga kependidikan di sekolahitu, seperti yang biasa kita temui dalam sebuah organisasi bahwa sebagian besarkeberhasilan pada sebuah organisasi tergantung pada kepemimpinan seseorangpemimpin tentang bagaimana ia menerapkan sebuah kedisiplinan untuk mencapaitujuan bersama, jika pemimpin dapat memberikan contoh disiplin yang baik terhadapbawahanya maka bawahanya pun akan disiplin dan bekerja dengan baik, sama halnyadalam sebuah kepemimpinan di sekolah jika kepala sekolah bisa memberikan disiplindalam kerja maka guru yang lainya juga akan disiplin dalam bekerja denganprofesional pula. Jika guru sudah bekerja atau melaksanakan tugas denganprofesional maka tidak mustahil lagi bahwa kita dapat menghasilkan generasigenerasi yang unggul dan berdaya saing yang inggi. Sebab jika kita ingin mengukurkeberhasilan guru yaitu dengan dari cara ia mendidik murid-muridnya.

Salah satu kekuatan efektif dalam mengelola sekolah yang berperan
bertanggung jawab menghadapi perubahan adalah pemimpin kepala sekolah yaitusalah satunya bagaimana pemimpin menerapkan kedisiplinan yaitu perilaku kepalasekolah yang mampu memprakarsai pemikiran baru didalam proses interaksi dilingkungan sekolah dengan melakukan perubahan tujuan, sasaran, konfigurasi, prosedur, input, proses atau output dari suatu sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan. Disamping itu agar para kepala sekolah dapat memahami,mengantisipasikan dan memperbaiki konflik yang terjadi dilingkungan sekolah perludipelajari teori dimensi sosial (social system theory), kepala sekolah diharapkan agarmampu untuk melakukan analisis terhadap kehidupan informal sekolah dan iklimatau suasana organisasi sekolah.

Kemampuan dan keterampilan serta kedisiplinan untuk memimpin sebuahlembaga pendidikan dalam peranya sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah harusdapat memperhatikan perasaan dan orang-orang yang bekerja sehingga kinerja guruselalu terjaga. Didalam pelaksanaan tugas pendidik, guru memiliki sifat atau prilakuyang berbeda yang semangat dan penuh tanggung jawab, ada juga guru yang dalammelakukan pekerjaan itu tanpa dilandasi rasa tanggung jawab.

Dengan  demikian  bahwa, sangat menarik untuk di anggkat dalam tulisan ini secara formal dengan judul  “Pengaruh Kedisiplinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah ………….. Tahun Pelajaran 2019/2020”

B.      Identifikasi Masalah

Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan masalah yang ingin dipecahkan oleh peneliti. Antara lain:

  1. Rendahnya kedisiplinan bekerja guru
  2. Jumlah guru yang melakukan inovasi pembelajaran minim
  3. Kualitas mengajar guru masih kurang baik.
  4. Sulitnya kepala sekolah mengevaluasi kinerja guru
  5. Sulitnya kepala sekolah mengevaluasi hasil pembelajaran.

C.      Pembatasan Masalah

Dari hasil identifikasi masalah yang muncul, peneliti akan membatasi permasalahan yang disinyalir oleh peneliti sebagai akar permasalahan dari semua masalah yang teridentifikasi rendahnya kaktifan guru dalam ber inovasi dalam pembelajaran.

D.      Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah yang telah diuraikan di atas, maka masalah pokok dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Apakah kedisiplinan guru mampu meningkatkan
    1. Keaktifan ber inovasi guru bisa meningkat?
    1. Bagaimanakah langkah-langkah agar tercipta motivasi bekerja gurui dalam pembelajaran?

E.      Pemecahan Masalah

Masalah utama dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah  Pengmabilan keputusan partisipatif  akan meningkatkan motivasi bekerja guru dalam pembelajaran?

Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti merencanakan pemecahan masalah dengan melakukan supervise akademik secara berkelanjutan. Metode penelitian ini akan dicobakan selama dua siklus dengan target penelitian semua guru yang berada di lingkungan Sekolah……………..

F.      Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

1.    Membuktikan secara ilmiah apakah Pengaruh Kedisiplinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah …………..

G.      Manfaat penelitian

1.    Kepada Guru: Guru akan memudahkan dalam berinovasi diri dalam pembelajaran.

2.    Sekolah: memiliki SDm guru yang berpengalman dan inovasi dalam pembelajaran.

3.    Siswa: meningkatkan mutu siswa.