===============

FILE LENGKAP CALL WA KE 085790351119

===============

Implementasi Pembelajaran Metode STAD Guna Meningkatkan Pemahaman  Indahnya Berdana   Pada Siswa Kelas V  SD Negeri…  Tahun Pelajaran 2019/2020

 

 

LAPORAN TINDAKAN KELAS

 

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Guna Memperoleh  Sertifikasi Guru

 

 

OLEH

………….

NIP: ………….

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ………….

 

 

 

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan Sekolah …………. hasil karya dari:

  1. Identitas Peneliti :

Nama                           :  …………….

NIP                             :  ………….

Unit Kerja                   :  …………. Kecamatan ………….

  1. Lokasi Penelitian :  …………. Kecamatan ………….
  2. Lama Penelitian :  3 Bulan
  3. Judul :  Implementasi Pembelajaran Metode STAD Guna Meningkatkan Pemahaman  Indahnya Berdana   Pada Siswa Kelas V  SD Negeri…  Tahun Pelajaran 2019/2020

 

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat Sertifikasi Guru.

 

 

…………., 05 Oktober 2019

Kepala Sekolah

……………..

NIP. ………….

 

 

 

 

 

 

 

 

HALAMAN PUBLIKASI

 

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN …………. Kabupaten ………….  hasil karya dari:

  1. Identitas Peneliti :

Nama                           :  ……………

NIP                             :  ……………..

Unit Kerja                   :…………. Kecamatan ………….

  1. Lokasi Penelitian :  …………. Kecamatan ………….
  2. Lama Penelitian :  3 Bulan
  3. Judul :  Implementasi Pembelajaran Metode STAD Guna Meningkatkan Pemahaman  Indahnya Berdana   Pada Siswa Kelas V  SD Negeri…  Tahun Pelajaran 2019/2020

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan…………. Kecamatan …………. Kabupaten …………..

…………., 05 Oktober 2019

Pustakawan

 

…………….

NIP. ……………….

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul Implementasi Pembelajaran Metode STAD Guna Meningkatkan Pemahaman  Indahnya Berdana   Pada Siswa Kelas V  SD Negeri…  Tahun Pelajaran 2019/2020”. Penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Kepala Sekolah Kecamatan …………. Kabupaten …………..
  2. Kepala Perpustakaan Kecamatan …………. Kabupaten …………..
  3. Rekan-rekan Guru Sekolah…… Kecamatan …………. Kabupaten …………..
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Penulis

ABSTRAK

 

………….  2019.        Implementasi Pembelajaran Metode STAD Guna Meningkatkan Pemahaman  Indahnya Berdana   Pada Siswa Kelas V  SD Negeri…  Tahun Pelajaran 2019/2020”

 

 

Kata Kunci: Pendidikan Agama Budha dan Budipekerti   metode STAD

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa dalam materi kerukunan dengan diterapkannya pembelajaran metode STAD? (b) Bagaimanakah pengaruh metode STAD terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode STAD. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode STAD.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa  Kelas V     Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I siklus I (68%), siklus II (80%), siklus III (92%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa  Kelas V   Tahun Pelajaran 2019/2020, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran  Pendidikan Agama Budha dan Budipekerti .