PTK Lengkap bisa wa ke 0857-9035-1119

Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih   Materi Zakat Pada Siswa Kelas V   MIN…………….. Tahun Pelajaran 2022/2023

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Kenaikan Tingkat Guru

OLEH :

…………….

NIP. …………….

Kementrian Agama Republik Indonesia

…………….

…………….

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan MIN…………….. hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         : 

Nama                          : …………….

NIP                             : …………….

      Unit Kerja                   :  MIN……………..

2.   Lokasi Penelitian        :  MIN……………..

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           : Implementasi Metode pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih   Materi Zakat Pada Siswa Kelas V   MIN…………….. Tahun Pelajaran 2022/2023

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan MIN……………..hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         : 

Nama                          : …………….

NIP                             : …………….

      Unit Kerja                   :  MIN……………..

2.   Lokasi Penelitian        :  MIN……………..

3.   Lama Penelitian          :  3 Bulan

4.   Judul                           : Implementasi Metode pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih   Materi Zakat Pada Siswa Kelas V   MIN…………….. Tahun Pelajaran 2022/2023

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Kenaikan Tingkat Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan MI Negeri………..

Diserahkan Untuk Diplublikasikan

Di Perpustakaan MIN……………..

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….

KATA PENGANTAR

            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Implementasi Metode pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih   Materi Zakat Pada Siswa Kelas V   MIN…………….. Tahun Pelajaran 2022/2023, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

            Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                                                                                                                  

                Penulis

ABSTRAK

…………….., Implementasi Metode pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih   Materi Zakat Pada Siswa Kelas V   MIN…………….. Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Metode pembelajaran  Problem Based Learning

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Metode pembelajaran  Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar    Fiqih Pada Siswa Kelas V ? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran    Fiqih   dengan diterapkannya Metode pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Metode pembelajaran  Problem Based Learning terhadap hasil belajar    Fiqih Pada Siswa Kelas V . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran    Fiqih   setelah diterapkannya Metode pembelajaran Problem Based Learning  Pada Siswa Kelas V.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V .  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66%), siklus II (75%), siklus III (100%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode Metode pembelajaran  Problem Based Learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Fiqih.

DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul …………………………………………………………………………………….                  

Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….

Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….

BAB ….. I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang  Masalah ……………………………………………………
  2. Perumusan Masalah……………………………………………………………
  3. Tujuan Penelitian ………………………………………………………………
  4. Pentingnya Penelitian ………………………………………………………..
  5. Definisi Operasional Variabel …………………………………….          
  6. Batasan Masalah ……………………………………………………………….

BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA

  1.  Problem Based Learning …………………………………………..
  2. Prestasi Belajar………………………………………………………….
  3. Materi Pembelajaran………………………………………………….

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN

  1. Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..
  2. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
  3. Rancangan Penelitian  ………………………………………………………..
  4. Instrumen Penelitian ………………………………………………………….
  5. Metode Pengumpulan Data …………………………………………………
  6. Teknik Analisis Data …………………………………………………………

BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Analisi Item Butir Soal  ……………………………………………………..
  2. Analisis Data Penelitian Persiklus  ………………………………………
  3. Pembahasan ……………………………………………………………..          

BAB     V      PENUTUP

  1. Kesimpulan ……………………………………………………………………………………
  2. Saran-saran ……………………………………………………………………………………

DAFTAR PUSTAKA            

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dalam pendidikan pengembangan kurikulum sangat diperlukan. Hal ini terkait dengan orientasi pembelajaran dari waktu terus berkembang. Keperluan pembelajran yang menerapkan model kekinian dan berorientasi pada pembelajaran untuk kehidupan sangatlah diperlukan. Oleh karena itu para praktisi pendidikan selalu mengevaluasi maslah kurikulum ini.

Dalam model kurikulum, model-model dapat digunakan untuk menentukan materi (konten) pembelajaran dan metode-metode dalam pencapaian materi tersebut, dalam arti bahwa model memberikan kerangka untuk menentukan pilihan. Dengan menguasai berbagai model bermanfaat dalam situasi pembejaran tertentu.

Sebagaimana dikutip Utami Munandar dalam Bukunya Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Talents dan taylor mengemukakan bahwa tidak hanya bakat akademis yang perlu dipupuk dan dihargai dalam sekolah, dalam modelnya dapat dibedakan enam talenta yang dapat dikembangkan di sekolah.  Seperti yang tertuang dalam curriculum guide, program disusun untuk mengajar konten akademik, kreativitas, ketrampilan merencanakan, komunikasi, prediksi, dan pengambilan keputusan.

Lingkungan yang paling berpengaruh dalam membentuk kreativitas anak adalah sekolah, karena didalamnya terjadi proses interaksi edukatif yang mengharuskan siswa mengikuti sistem aturan yang ada. Sekolah yang baik akan mengedepankan kenyamanan belajar bagi siswanya, karenanya guru mempunyai dampak yang besar, tidak hanya pada prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap.

Dalam hal ini proses pembelajaran yang memaksimalkan peran siswa dalam mencari pemecahan masalah akan lebih dapat membantu siswa meningkatkan kepekaan dan kreatifitasnya.

Model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan,dan kontekstual.

Tujuan PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan konsep- konsep pada permasalahan baru/nyata, pengintegrasian konsep Higher Order Thinking Skills (HOT’s), keinginan dalam belajar, mengarahkan belajar diri sendiri dan keterampilan (Norman and Schmidt).

Karakteristik yang tercakup dalam PBL antara lain: 

  1. masalah digunakan sebagai awal pembelajaran; 
    1. biasanya masalah yang digunakan merupakan masalah dunia nyata yang disajikan secara mengambang (ill-structured);
    1. masalah biasanya menuntut perspektif majemuk (multiple-perspective); 
    1. masalah membuat pembelajar tertantang untuk mendapatkan pembelajaran di ranah pembelajaran yang baru; 
    1. sangat mengutamakan belajar mandiri; 
    1. memanfaatkan sumber pengetahuan yang bervariasi, tidak dari satu sumber saja, dan 
    1. pembelajarannya kolaboratif, komunikatif dan kooperatif. Karakteristik ini menuntut peserta didik untuk dapat menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, terutama kemampuan pemecahan masalah.

Pada PBL guru berperan sebagai guide on the side daripada sage on the stage. Hal ini menegaskan pentingnya bantuan belajar pada tahap awal pembelajaran. Peserta didik mengidentifikasi apa yang mereka ketahui maupun yang belum berdasarkan informasi dari buku teks atau sumber informasi lainnya. Sintak model Problem-based Learning sebagai berikut:

a. Orientasi peserta didik pada masalah

b. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

c. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti merasa terdorong untuk mengambil judul “ Implementasi Metode pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih   Materi Zakat Pada Siswa Kelas V   MIN…………….. Tahun Pelajaran 2022/2023”.

B.   Rumusan Masalah

Merujuk pada uraian latar belakang di atas, dapat dikaji ada beberapa permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut:

  1. Apakah pembelajaran Pembelajaran Metode pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Pada Siswa Kelas V?
  2. Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi dengan diterapkannya Metode pembelajaran Problem Based Learning  pada siswa Kelas V?

C. Tujuan Penelitian

Berdasar atas rumusan masalah di atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil belajar siswa Kelas V
  2. Ingin mengetahui seberapa jauh penguasaan materi setelah diterapkannya Pembelajaran Metode pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas V

D. Pentingnya Penelitian

  1. Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang Pembelajaran Metode pembelajaran  Problem Based Learning dalam pembelajaran   Fiqih  pada materi Fiqih   oleh guru Kelas V  
  2. Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran    Fiqih
  1. Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
  2. Siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
  3. Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru    Fiqih   dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar    Fiqih.
  4. Sumbangan pemikiran bagi guru    Fiqih   dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar    Fiqih.

E. Batasan Masalah

Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah meliputi:

  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Kelas V
  2. Penelitian ini dilakukan pada bulan September  semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan  Zakat.