Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

File lengkap wa ke 085790351119

Implementasi Pembelajaran Lightening the Learning Climate Guna Meningkatkan Belajar PAI dan Budipekerti Materi  Indahnya Membangun Maghligai Rumah Tangga  Pada Siswa  Kelas XII   SMA Negeri…… Tahun Pelajaran 2020/2021

KARYA TULIS ILMIAH

OLEH

……….

NIP: ,,,,,,,

DINAS PENDIDIKAN KOTA …………………

…………………………………….

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         : 

      Nama                           :  ………………

      NIP                             :  …………………..

      Unit Kerja                   : 

2.   Lokasi Penelitian        : 

3.   Lama Penelitian          : 

4.   Judul                           : Implementasi Pembelajaran Lightening the Learning Climate Guna Meningkatkan Belajar PAI dan Budipekerti Materi  Indahnya Membangun Maghligai Rumah Tangga  Pada Siswa  Kelas XII   SMA Negeri…… Tahun Pelajaran 2020/2021

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         : 

      Nama                           :  ………………

      NIP                             :  …………………..

      Unit Kerja                   : 

2.   Lokasi Penelitian        : 

3.   Lama Penelitian          : 

4.   Judul                           : Implementasi Pembelajaran Lightening the Learning Climate Guna Meningkatkan Belajar PAI dan Budipekerti Materi  Indahnya Membangun Maghligai Rumah Tangga  Pada Siswa  Kelas XII   SMA Negeri…… Tahun Pelajaran 2020/2021

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Kenaikan Tingkat Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan….. 

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….

KATA PENGANTAR

            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Implementasi Pembelajaran Lightening the Learning Climate Guna Meningkatkan Belajar PAI dan Budipekerti Materi  Indahnya Membangun Maghligai Rumah Tangga  Pada Siswa  Kelas XII   SMA Negeri…… Tahun Pelajaran 2020/2021”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

            Dalam penyusunan karya imiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………..
  2. Yth. Ketua PD II PGRI ……………………….
  3. Yth. Rekan-rekan Guru ………………………………………..
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                                        

                                                                                          Penulis

ABSTRAK

…………………………… Implementasi Pembelajaran Lightening the Learning Climate Guna Meningkatkan Belajar PAI dan Budipekerti Materi  Indahnya Membangun Maghligai Rumah Tangga  Pada Siswa  Kelas XII   SMA Negeri…… Tahun Pelajaran 2020/2021

Kata Kunci: Lightening the Learning Climate

Tugas utama seorang guru adalah bertanggung jawab membantu anak didik dalam hal belajar. Dalam proses belajar mengajar, gurulah yang menyampaikan pelajaran, memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam kelas, membuat evaluasi belajar siswa, baik sebelum, sedang maupun sesudah pelajaran berlangsung.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah  Pembelajaran Lightening the Learning Climate berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti pada siswa kelas XII Pada Siswa  Kelas XII? (b) Bagaimanakah pengaruh  Pembelajaran Lightening the Learning Climate terhadap penguasan materi  PAI dan Budipekerti pada siswa kelas XII Pada Siswa  Kelas XII?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh  Pembelajaran Lightening the Learning Climate terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti pada siswa kelas XII. (b) Untuk mengungkap  Pembelajaran Lightening the Learning Climate terhadap penguasaan materi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti pada siswa kelas XII.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62%), siklus II (74%), siklus III (88%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah  Pembelajaran Lightening the Learning Climate dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XII , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran ilmu Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti .