File Lengkap WA ke 085790351119
Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam pada Siswa Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021
LAPORAN TINDAKAN KELAS
Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
Kenaikan Tingkat Guru
OLEH :
NIP.
KEMENTRIAN AGAMA KOTA BATANGHARI
JAMBI
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….. Kabupaten …….. hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama :
NIP. :
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian : 2 bulan
4. Judul : Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam pada Siswa Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021
……………20…
Kepala Sekolah
……………
NIP. …………………..
HALAMAN PUBLIKASI
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama :
NIP. :
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian : 2 bulan
4. Judul : Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam pada Siswa Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021
Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat kenaikan tingkat Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan
……………… 20….
Pustakawan
………………
NIP. ………………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam pada Siswa Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
- Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
- Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
- Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
………………,2019 Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam pada Siswa Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021
Kata Kunci: Buzz Group
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Buzz Group berpengaruh terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas VIII? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan diterapkannya metode pembelajaran Buzz Group pada Siswa Kelas VIII?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Buzz Group terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas VIII. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkannya pembelajaran Buzz Group pada Siswa Kelas VIII
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69%), siklus II (75%), siklus III (93%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode Buzz Group dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VIII , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Sejarah Kebudayaan Islam .