Photo by Magda Ehlers on Pexels.com

File Lengkap WA ke 085790351119

Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan  Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi  Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam   pada Siswa Kelas VIII   Tahun Pelajaran 2020/2021

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat

Kenaikan Tingkat  Guru

OLEH :

NIP.

KEMENTRIAN AGAMA KOTA BATANGHARI

JAMBI

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…..  Kabupaten …….. hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         : 

      Nama                           : 

      NIP.                             :

      Unit Kerja                   : 

2.   Lokasi Penelitian        : 

3.   Lama Penelitian          :  2 bulan

4.   Judul                           : Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan  Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi  Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam   pada Siswa Kelas VIII   Tahun Pelajaran 2020/2021

……………20…

Kepala Sekolah

……………

NIP. …………………..

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan  hasil karya dari:

1.   Identitas Peneliti         : 

      Nama                           : 

      NIP.                             :

      Unit Kerja                   : 

2.   Lokasi Penelitian        : 

3.   Lama Penelitian          :  2 bulan

4.   Judul                           : Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan  Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi  Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam   pada Siswa Kelas VIII   Tahun Pelajaran 2020/2021

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat kenaikan tingkat  Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan

……………… 20….

Pustakawan

………………

NIP. ………………….

KATA PENGANTAR

            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan  Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi  Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam   pada Siswa Kelas VIII   Tahun Pelajaran 2020/2021, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.

            Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:

  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                                         

                Penulis

ABSTRAK

………………,2019 Implementasi Pembelajaran Strategi Buzz Group Guna Meningkatkan  Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi  Daulah Abbasiyah Membangun Peradapan Islam   pada Siswa Kelas VIII   Tahun Pelajaran 2020/2021

Kata Kunci: Buzz  Group

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Buzz  Group berpengaruh terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam  pada Siswa Kelas VIII? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran  Sejarah Kebudayaan Islam     dengan diterapkannya metode pembelajaran Buzz  Group pada Siswa Kelas VIII?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Buzz  Group terhadap hasil belajar  Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas VIII. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran     Sejarah Kebudayaan Islam     setelah diterapkannya pembelajaran Buzz  Group pada Siswa Kelas VIII

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69%), siklus II (75%), siklus III (93%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode Buzz  Group dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VIII , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative   Sejarah Kebudayaan Islam  .