UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEPIBADIAN SISWA TAMAN KANAK-KANAK DENGAN METHODE PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

LAPORAN TINDAKAN KELAS

Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh ……….

OLEH :
………………..
NIP. ………………..

TAMAN KANAK-KANAK………
KECAMATAN……….
KABUPATEN……….


 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan TK… hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama :
NIP :
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian : 3 Bulan
4. Judul : Upaya Meningkatkan Nilai Kepibadian Siswa Taman Kanak-Kanak Dengan Methode Pembelajaran Mendengarkan Cerita Tahun Pelajaran………………

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat …….
…….., …………………
Kepala Sekolah
…………………….
NIP. ……………………

 

 

HALAMAN PUBLIKASI

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan TK…………… hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama :
NIP :
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian : 3 Bulan
4. Judul : Upaya Meningkatkan Nilai Kepibadian Siswa Taman Kanak-Kanak Dengan Methode Pembelajaran Mendengarkan Cerita Tahun Pelajaran………………

………, ………….
Pustakawan
…………………….
NIP. ……………………

 

KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “ Upaya Meningkatkan Nilai Kepibadian Siswa Taman Kanak-Kanak Dengan Methode Pembelajaran Mendengarkan Cerita Tahun Pelajaran………………”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………………….
2. Yth. Ketua PD II PGRI ………………………….
3. Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………….
4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis

 

ABSTRAK

…………………., 200…. Upaya Meningkatkan Nilai Kepibadian Siswa Taman Kanak-Kanak Dengan Methode Pembelajaran Mendengarkan Cerita Tahun Pelajaran………………
Kata Kunci: Mendengarkan cerita
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran mendengarkan cerita? (b) Bagaimanakah pengaruh metode metode pembelajaran mendengarkan ceita anak terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran mendengarkan ceita. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran mendengarkan cerita
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ………………………………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes portofolio , lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 68,18%, sikluas II 77,27%, dan siklus III 86,36%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran mendengarkan cerita dapat meningkatkannilai kepribadian Siswa Taman Kanak-Kanak……………………, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Taman Kanak-Kanak di seluruh Indonesia.

 

 

DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Perumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Batasan Masalah
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Kepribadian
B. Metode Pembelajaran Mendengarkan Cerita
G. Hubungan Nilai Kepribadian dengan Methode Pembelajaran Mendengarkan Cerita

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian
B. Rancangan Penelitian
C. Instrumen Penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Data Penelitian Persiklus
B. Pembahasan
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA

 

 

JIKA ANDA INGIN FILE INI

SECARA LENGKAP

 

SILAHKAN HUBUNGI 085790351119